slider

Recent

Navigation

Panen Raya di Kelurahan Mantuil

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin melaksanakan Panen Raya Tanaman Padi di Kawasan Kelurahan Mantuil, Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (27/08).
Panen tanaman padi tersebut dilakukan oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Lauhem Mahfuzi dan Camat Banjarmasin Selatan Yusrin serta Forkopimda Kota Banjarmasin.



Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan sekilas dalam penimbangan menghasilkan kurang lebih 15 sampai 18 blek perborongan yang dipanen . “Tadi sekilas dalam penimbangan waktu habis panen kurang lebih antara 15 sampai 18 blek perborongan, jadi mudah-mudahan ini bisa ditingkatkan, kalau di daerah lain antara 7 sampai 8 blek perborongan di sini karena dengan pemupukan dan perlakuan khusus bisa dihasilkan dari luasan satu hektar ini bisa lebih dari pada di daerah lain,” ujarnya.
Ia berharap dengan pola tanam jajar legowo atau dengan menambah produksi tanaman padi ini bisa meningkatkan hasil pertanian yang ada di Kota Banjarmasin. “Dengan pola tanam padi jajar legowo mudah-mudahan hasilnya bisa lebih meningkat karena luasan pertanian kita ini tidak bisa ditingkatkan lagi, yang bisa dilakukan adalah meningkatkan hasil atau pola intensifikasi pertanian, kalau lahannya luas bisa dengan ekstensifikasi atau meningkatkan produksi dengan menambah lahan, tapi karena terbatas maka setiap tahun mengalami penurunan, lahan pertanian yang ada inilah kita maksimalkan dengan pola intensifikasi mudah-mudahan hasilnya menggembirakan,” katanya.




Selain itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama Forkopimda Kota Banjarmasin juga mensosialisasikan untuk tidak membakar lahan setelah panen. “Walaupun di Banjarmasin ini hampir tidak ada lahan yang terbakar tetapi titik api itu pasti terpantau oleh karena itu untuk mengurangi kabut asap, mudah-mudahan lahan-lahan pertanian yang tersisa yang ada di Kota Banjarmasin habis dipanen itu tidak dilakukan pembakaran lahan, cukup dengan pola-pola tertentu misalnya dipupuk dan sebagainya mudah-mudahan untuk tanam yang akan datang hasilnya juga tetap sama,” ucapnya.
Tak hanya memanen padi, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina juga menyerahkan bantuan dari Bidang Kelautan dan Perikanan yaitu berupa dana swakelola DAK kepada perwakilan kelurahan se Kota Banjarmasin masing-masing sebesar Rp50.346.000, kemudian bantuan betlok jamur dari Bidang Pertanian dan Perkebunan sebanyak dua puluh ribu betlok kepada masing-masing dua WUB di lima kecamatan se Kota Banjarmasin.




Selain itu, ia juga menyerahkan bantuan bibit ikan lele dari Balai Benih Ikan kepada Bank Sampah Kota Banjarmasin dan lima puluh bibit tanaman pohon sirsak kepada perwakilan warga, didampingi Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Lauhem Mahfuzi.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: