slider

Recent

Navigation

Walikota Terima Piagam Penghargaan dari Kemendagri

BANJARMASIN – Kementerian Dalam Negeri RI memberikan piagam penghargaan kepada Pemko Banjarmasin Atas Keterlibatan dan Partisipasi Aktif Aparatur Pemadam Kebakaran Dalam Membantu Penanggulangan Bencana, dan Evakuasi Korban pada Bencana di Provinsi Sulawesi Tengah.
Penghargaan tersebut diterima Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo melalui Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, saat kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Damkar, Satpol PP dan Satlinmas, di Gedung SKA Co Ex, Pekanbaru, Riau, Selasa (05/03).
Selain penyerahan penghargaan, dalam kegiatan yang merupakan rangkaian HUT Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 dan Satlinmas ke 57 tahun 2019 itu, juga dilakukan launching 5 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 tahun 2018, Nomor 121 tahun 2018, Nomor 122 tahun 2018, Nomor 3 Tahun 2019 dan Nomor 13 tahun 2019.




Tak cukup sampai disitu, saat itu pihak Kemendagri juga menyerahkan hibah mobil Damkar bantuan dari lembaga luar negeri untuk 11 kabupaten Kota di Indonesia.
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas Damkar Kota Banjarmasin, yang telah ikut berpartisipasi dalam penanganan bencana di Palu dan Donggala beberapa waktu lalu.
Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Depdagri, sekaligus Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut Eko Wibowo mengatakan, penyerahan piagam penghargaan kepada pemerintah daerah itu dilakukan sebagai tanda apresiasi pemerintah pusat, atas bantuan yang telah diberikan pemerintah daerah saat membantu korban bencana alam di Sulawesi Tengah, Banten dan Lampung. “Setiap kali bencana Menteri Dalam Negeri menerbitkan radiogram yang intinya adalah meminta supaya daerah, terutama daerah tetangga sekitar mengirimkan bantuan kepada daerah yang sedang terkena bencana. Jadi piagam kali ini khusus diberikan kepada daerah yang membantu peralatan logistik dari sisi Damkar dan Satpol PP saja,” jelasnya.




Tujuan kegiatan Rakornas ini, lanjutnya, untuk melaksanakan sosialisasi kebijakan pemerintah di daerah, khususnya bagi penyelenggaraan Sub Urusan Kebakaran serta Sub Urusan Trantibum, serta untuk mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019, sekaligus membangun kepaduan pondasi program kegiatan pusat dan daerah dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional 2020-2024, terkait dengan pelaksanaan tugas-tugas dibidang Trantibum, Linmas.
Sementara itu Walikota Pekanbaru H Firdaus mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan tersebut bukan mencari siapa yang terhebat, tetapi bagaimana membangun kolaborasi sehingga bisa menjadi sebuah tim yang padu dan super. “Hari ini kita tidak bisa menjadi Superman, tetapi kita hari ini membutuhkan super tim untuk membangun bangsa dan negara ini,” katanya.




Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut semua yang hadir bisa saling mengenal, sehingga rasa persatuan dan kesatuan dapat terbangun dengan baik.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: