slider

Recent

Navigation

Wadai Sasunduk Lawang Terpanjang Ada di Banjarmasin - Walikota : Dicatat Dulu Supaya Menjadi Fantastic Food.

ANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina sangat takjub saat melihat Wadai (kue) bernama Sasunduk Lawang, khas Banjar dengan panjang sekira 120 meter.
Dan iapun menyatakan apresiasinya kepada Radar Banjarmasin dan Pyramid Group yang telah mengangkat salah satu jajanan kuliner khas kota berjuluk seribu sungai. “Kalau kita beli di pasar ukurannya kira-kira satu jengkal saja, tapi ini adalah Sasunduk Lawang terpanjang di dunia dan kami ucapkan selamat kepada Pyramid Group yang sudah mengangkat salah satu wadai atau kue yang sangat akrab dengan masyarakat Kota Banjarmasin ini yaitu Sasunduk Lawang, saya baru liat Kue Sasunduk Lawang sepanjang ini, tapi dicatat dulu supaya betul-betul menjadi fantastic food,” ucapnya, saat melepas kegiatan Go Clean, Fun Walk dan Fantastic Food, di halaman Hotel Pyramid Suite Banjarmasin, Minggu (24/03).




Selain mengangkat buudaya dan kearifan lokal, salah satu program Pemko Banjarmasin adalah menjadikan kota ini Barasih wan Nyaman, dan dengan terbitnya Perwali Nomor 18 tahun 2016 tentang pengurangan Sampah Plastik, ia berharap semua pihak mendukung program tersebut. “Banjarmasin menjadi kota pertama di Indonesia yang melarang penggunaan kantong plastik di mini market dan toko-toko modern, tak hanya pertama di Indonesia bahkan pertama di Asia Pasific dan sudah diakui menyusul kemudian Kota Shah Alam di Negara Malaysia,” katanya.




Pasca terbitnya Perwali tersebut, jelasnya lagi, setidaknya ada 9 kota di Indonesia yang ikut menerapkan aturan yang sama, diantaranya Banjarbaru, Samarinda, Balikpapan, Denpasar dan Bandung. “Dan tahun ini kita mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Kementrian Lingkungan Hidup berupa penghargaan Adipura dan Penghargaan Kinerja Terbaik untuk kota-kota yang menerapkan aturan pengurangan sampah plastik, ada 11 kota di Indonesia salah satunya Kota Banjarmasin. Dan allhamdulilah penghargaan itu ada duitnya untuk dimasukan ke kas daerah Rp9,3 miliar.” jelasnya.




Ia berharap, seluruh masyarakat kota ini tidak memproduksi sampah plastik lagi, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. “Terimakasih semuanya pastikan kita tidak memproduksi sampah, oleh karena itu pastikan di lingkungan sekitar kita tidak ada lagi sampah yang berserakan, buanglah sampah pada tempatnya.” pungkasnya.




Rute Fun Walk, dimulai dari depan Hotel Pyramid Suite menuju Jalan Batu Piring, kemudian melintasi Jalan Bali, selanjutnya peserta Fun Walk mengumpulkan tiket kepada panitia di Jalan Pulau Laut, dilanjutkan dengan melintasi Jalan Suprapto, kemudian belok ke arah Jalan Mayjen Sutoyo S, dan Finish di Samping Hotel Pyramid Suite tepatnya di Jalan Skip Lama, Banjarmasin.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: