slider

Recent

Navigation

Satgas Kebersihan Dukung Program Pemko Banjarmasin

BANJARMASIN – Persiapan menjelang aksi pembagian ribuan bakul purun di dua pasar yang ada di kota ini, ratusan Satgas Kebersihan dari Kecamatan Banjarmasin Tengah, dibantu Dinas Pasar Kota Banjarmasin, melaksanakan kegiatan babarasih di kawasan Pasar Teluk Dalam Banjarmasin.


Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, kegiatan tersebut merupakan tanda kesiapan pihak kecamatan Banjarmasin Tengah dan Dinas Pasar dalam mendukung kegiatan sosialisasi penggunaan bakul purun.



Gerakan sejuta bakul purun ini, terangnya, akan diawali dengan pembagian lima ribu bakul purun di lima kecamatan. “Pilot project untuk penerapan larangan kantong plastik diganti dengan bakul purun ini memang ada di dua pasar yakni Pasar Teluk Dalam dan Pasar Pandu, tetapi untuk kegiatan sosialisasi penggunaan bakul purun besok (Kamis (14/02)-red), serentak akan dilakukan di lima kecamatan,” jelasnya, saat ikut langsung dalam aksi babarasih di Pasar Teluk Dalam Banjarmasin.
Untuk kegiatan pembagian bakul purun yang akan dilakukan serentak dilima kecamatan tersebut, terangnya lagi, pada tahap awal ini hanya bersifat sosialisasi. 




Namun, khusus untuk kawasan dua pasar yakni Pasar Pandu dan Pasar Teluk Dalam, sifat dari kegiatan penggunaan bakul purun itu sudah masuk dalam tahap penerapan. “Dilima kecamatan se Banjarmasin itu sifatnya hanya sosialisasi, tapi khusus di dua pasar ini sifatnya penerapan, sesuai dengan ujicoba kita pada enam bulan yang lalu, ternyata di dua pasar ini menerima dengan baik dan mendukung program pemerintah kota untuk pengurangan sampah plastik,” tuturnya. 




Selain akan menerapkan penggunaan bakul purun diseluruh pasar yang ada di kota berjuluk seribu sungai, mantan anggota DPRD Kalsel ini juga berencana akan melakukan renovasi seluruh pasar tradisional yang ada. “Sehingga layak untuk pasar tingkat perkotaan, tidak kumuh dan ada mekanisme cara pembersihaanya, kemudian menjadikan kondisinya tetap higenis dan tetap bagus. Kami juga menghimbau kepada para pedagang, mari kita jaga pasar-pasar kita agar bisa di kategorikan sebagai pasar sehat,” pungkasnya.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: