slider

Recent

Navigation

PKK Gelar Sosialisasi Isi Piringku

BANJARMASIN – Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) kembali dilakukan TP PKK Kota Banjarmasin dengan menggelar Senam Lansia, Senam Banjar sekaligus temu Kader Posyandu se Kota Banjarmasin, Jumat (15/02).
Kegiatan di Siring Balai Kota Banjarmasin itu, diikuti sekira 2.220 kader Posyandu se Kota Banjarmasin.
Selain senam bersama, kegiatan yang dihadiri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina juga dirangkai dengan sosialisasi Program Isi Piringku. 
Program Isi piringku yang disosialisasi langsung oleh Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah itu bertujuan, agar seluruh anak-anak di kota berjuluk seribu sungai ini tumbuh sehat.


Makanya, melalui para kader Posyandu, sosialisasi yang diberikan itu diharapkan dapat ditularkan kepada para ibu-ibu rumah tangga, sehingga mereka bisa memberikan makanan bergizi seimbang kepada anak-anak mereka. “Ulun (saya-red)titip pesan kepada seluruh kader Posyandu Kota Banjarmasin, mari kita terus mengkampanyekan pencegahan stunting dengan menerapkan isi piringku. Jika piring itu berbentuk bulat, maka pastikan setengah piringnya untuk sayur dan buah yang mengandung gizi, bervitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan kita dan anak anak kita dalam mencegah stunting, kemudian setengah piringnya lagi dibagi dua, setengahnya karbohidrat dan setengahnya lagi protein,” jelasnya.
Lebihlanjut dikatakannya, Program Isi Piringku adalah sebuah panduan untuk mengingatkan seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengkonsumsi makanan secara seimbang. “Isi Piringku adalah sebuah kampanye gizi menggantikan empat sehat lima sempurna yang sekarang lebih disempurnakan dengan panduan Isi Piringku,” tuturnya.


Menerapkan pola hidup sehat dalam keluarga dan mengkonsumsi makanan bergizi itu, katanya lagi, sangat penting dilakukan seluruh lapisan masyarakat. Terlebih saat ini pemerintah sedang menggalakan program pencegahan stunting yang merupakan upaya agar anak-anak Indonesia tumbuh kembangnya sesuai dengan umurnya. “Pencegahan stunting itu penting, karena anak dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan umurnya itu akan berakibat jangka panjang, diantaranya bisa berkaitan dengan kecerdasan, sumber daya manusia dan juga kita bersama sama mencegah terjadinya penyakit tidak menular,” ungkapnya.
Istri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina ini pun berharap, dengan adanya kegiatan senam yang dirangkai dengan sosialisasi Isi Piringku ini, seluruh warga Kota Banjarmasin akan memiliki wawasan yang tepat tentang gizi yang baik, seimbang dan aman.


Kegiatan yang diikuti seluruh Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani, Forkopimda Kota Banjarmasin, para kepala SKPD lingkup Pemko Banjarmasin, Wakil I dan II TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Fatimah dan Hj Aneta Olpah itu, selain sebagai bentuk dukungan terhadap Hari Gizi Nasional yang ke 59 dan Pekan Sarapan yangn jatuh pada bulan Februari ini, kegiatan tersebut juga dimaksudkan sebagai rangkaian peringatan 3 tahun kepemimpinan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah.
Dimana dalam tiga tahun kepemimpinannya, kegiatan terbaru yang merupakan lanjutan dari program pengurangan kantong plastik, kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini telah melaunching sosialisasi penggunaan tumbler di sekolah dan perkantoran serta penggunaan bakul purun, sebagai pengganti kantong plastik di pasar tradisional.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: