slider

Recent

Navigation

Pemko Verifikasi SAKIP di Kemenpan RB

BANJARMASIN – Pemko Banjarmasin melaksanakan kegiatan verifikasi teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasin Birokrasi, Jakarta, Jumat (01/02).
Dihadapan tim verifikasi Kemenpan RB, Wakil Walikota Banjarmasin H Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani dan para kepala SKPD terkait, membeberkan sistem peningkatan kinerja yang telah dilaksanakan Pemko Banjarmasin. 
Kepala Bakeuda Kota Banjarmasin Subhan Noor Yaumil menjelaskan, untuk meningkatkan kinerja, Pemko Banjarmasin memiliki sistem yang dinamakan SIMPUN. Sistem ini sudah dikembangkan dengan modul baru dan sudah berjalan.


Selain itu, lanjutnya, kegiatan penunjang kinerja lain yag dilaksanakan Pemko Banjarmasin agar tepat sasaran adalah Musrenbang yang dimulai dari tingkat Kelurahan, kemudian Kecamatan, hingga SKPD, yang kemudian dilanjutkan dengan pembuatan Rencana Kerja SKPD. “Di tahun 2018 yang lalu kita sudah mengintegrasikan sistem model perencanaan yang kita bangun di SIMPUN,” katanya.
Terkait dengan SAKIP, lanjutnya, pada prinsipnya Pemko Banjarmasin mengawal mulai dari program sampai kegiatan-kegiatan lainya mengenai sasaran. 
Asisten Deputi Pengawasan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat Agus Uji ah Antara mengatakan, dengan adanya sistem yang sudah terintegrasi tersebut akan semakin mempercepat pelaksanaan program kinerja hingga tepat sasaran. “Jadi teman-teman dari SKPD tinggal mengisi dimana progresnya dan hambatannya, sehingga nantinya tinggal diputuskan saja. Kami sangat mengharapkan sekali Pemda menuntaskan segala proses ini. Saya juga mengharapkan penerapan aktif dari masing-masing SKPD,” katanya
Untuk diketahui, tahun 2018 lalu, Pemko Banjarmasin berhasil mempertahankan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2017. 


Dari hasil evaluasi tim penilai Kemenpan RB, kota berjuluk seribu sungai ini kembali mendapatkan nilai SAKIP kategori B.
Penyerahan penghargaan tersebut langsung dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur, dan diterima langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Gedung Convention Center, Nusa Dua, Bali.
Saat itu, H Ibnu Sina mengatakan, diraihnya kembali kategori B untuk nilai SAKIP tahun 2017 itu merupakan hasil kerja seluruh jajaran SKPD lingkup Pemko Banjarmasin. 


Untuk itu, ia menyatakan apresiasinya kepada instansi lingkup Pemko Banjarmasin, terutama yang terlibat langsung dalam usaha peningkatan kinerja. “Alhamdulillah Banjarmasin kembali mendapatkan kategori B untuk nilai SAKIP tahun 2017. Terima kasih kepada SKPD yang terlibat dalam peningkatan kinerja ini,” ucapnya, usai menerima hasil evaluasi tersebut.
Mudah-mudahan, lanjutnya lagi, dengan diterimanya hasil evaluasi tersebut, bisa menjadi pemicu bagi seluruh ASN lingkup Pemko Banjarmasin agar terus meningkatkan kinerjanya. “Mudah-mudahan tahun depan hasil evaluasinya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: