slider

Recent

Navigation

TUKIN untuk Meningkatkan Kinerja dan Kesejahteraan

BANJARMASIN – Sejak awal Januari lalu, Pemko Banjarmasin mengeluarkan kebijakan tentang pemberian tunjangan berbasis kinerja (TUKIN) kepada para Aparatur Sipil Negara nya (ASN). 
Kebijakan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor 968 tahun 2018 tentang Penetapan Besaran Pagu Uang Tambahan Penghasilan Pegawai Berbasis Kinerja yang Diberikan Kepada Pegawai di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun Anggaran 2019. “TUKIN ini spiritnya untuk meningkatkan kesejahteraan dengan berbasis kinerja. Jadi kalo ada yang turun, itu ada yang salah dengan TUKINnya,” ujar H Ibnu Sina, Kamis (17/01).



Saat ini, terangnya, pemberlakukan sistem tersebut dilaksanakan selama satu bulan dulu, selanjutnya akan dilakukan evaluasi untuk perbaikan, sehingga sistem tersebut benar-benar tepat sasaran. “Evaluasi kita 1 bulan ini, karena seharusnya uji cobanya di Bulan Desember lalu, tapi karena waktu itu perangkatnya belum siap, akhirnya tidak ada uji coba tapi langsung dilaksanakan. Kita coba dulu sebulan ini, tapi tolong diakhir bulan nanti, dievaluasi dan diperbaiki,” ucapnya
Ia menghimbau agar seluruh ASN lingkup Pemko Banjarmasin bisa mengikuti sistem tersebut dari sejak awal diberlakukan. “Kami berharap apa yang kita lakukan ini dapat diikuti dan dilaksanakan terlebih dahulu,” imbaunya.




Sistem TUKIN yang diberlakukan Pemko Banjarmasin itu memang terbukti berimbas pada peningkatan kinerja aparaturnya, baik dari sisi absensi maupun dari sisi penyelesaian tugas-tugas harian yang diberikan.
Setiap ASN Pemko Banjarmasin kini memiliki catatan harian on line yang harus mereka isi setiap hendak pulang kerja.




Dari catatan harian itu, peringkat dan berapa jumlah TUKIN yang didapat diketahui secara gamblang setiap bulannya. “Saya pantau dibeberapa SKPD melalui kabid-kabidnya dan kepala dinasnya, luar biasa semangat jajaran pemerintah kota, para ASN pemerintah kota. Kini mereka punya semangat baru dan kinerja baru, lanjutkan terus ditahun 2019 ini,” pungkas H Ibnu Sina.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: