slider

Recent

Navigation

Banjarmasin Raih Adipura dan Kinerja Pengurangan Sampah

JAKARTA - Alhamdulillah Banjarmasin kembali raih Anugerah Adipura yang ke 4 kalinya, sejak tahun 2015 s.d 2018 Kategori Kota Besar. Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Kota Banjarmasin Drs H Muhyar M.AP menerima langsung penganugerahan Adipura yang diserahkan Wakil Presiden RI H Muhammad Jusuf Kalla, Senin (14/1/2019), bertempat di Gedung Manggala Wana Bhakti Jakarta. Pada kesempatan itu pula, Kota Banjarmasin menerima Piagam Penghargaan dari Kementerian LHK RI atas Kinerja Pengurangan Sampah, yang hanya diterima 11 Kota Se-Indonesia. Adapun Kota yang meraih penghargaan atas kinerja pengurangan sampah yang sama yakni Kota Surabaya, Jakarta Barat, Makassar, Bandung, Malang, Padang, Cimahi, Depok, Balikpapan, dan Bogor.


Khusus Penghargaan atas Kinerja Pengurangan Sampah ini diberikan bagi Kepala Daerah yang berhasil menunjukkan kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan program kerja guna meningkatkan kualitas lingkungan hidup di daerahnnya, termasuk Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dengan mengeluarkan Peraturan Walikota Banjarmasin No 18 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik, serta dengan Surat Edaran Walikota Banjarmasin Nomor: 6660.01/1364-KPS/DLH/XII/2017 tentang Kewajiban ASN Menjadi Nasabah Bank Sampah. Dampak dikeluarkanya Perwali tersebut terasa, telah terjadi pengurangan sampah plastik hingga 15 persen di Kota Banjarmasin.

 Atas keberhasilan dalam mengurangi sampah plastik tersebut, kota/kabupaten lain mengikuti langkah yang dilakukan Banjarmasin, yaitu Balikpapan, Bogor, Denpasar, Probolinggo, dan Bandung. Selain itu juga himbauan pengurangan penggunaan kantong plastik di sekolah-sekolah hingga Instruksi Walikota Banjarmasin gerakan membawa botol air minum/tumbler kepada ASN lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin, dan Pelajar serta himbauan kepada masyarakat. Namun tak sampai di situ saja, Kota Banjarmasin juga dinilai mampu meningkatkan kinerja bank sampah hingga proses daur ulang yang sangat berdampak positif bagi masyarakat perkotaan, dan untuk diketahui Banjarmasin sudah memiliki 211 bank sampah, terbaru dengan inovasi yang bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Program The Gade Clean dan Gold, mengubah sampah menjadi tabungan emas.

.

Atas prestasi yang didapat Kota Banjarmasin, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Kota Banjarmasin, “Mengawali Tahun 2019 kita mendapatkan penghargaan Anugerah Piala Adipura untuk yang ke empat kalinya untuk Kota Banjarmasin, Piala Adipura ini adalah symbol kota bersih, oleh karenanya spirit Banjarmasin Baiman harus kita gaungkan, Banjarmasin yang bersih dan nyaman adalah cita-cita kita bersama”, pungkasnya. Dan tambahnya, “Mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga kota, para komunitas, para penggiat kebersihan, dan wabil khusus petugas kebersihan yang bahu membahu bersama sama dengan seluruh pihak untuk menciptakan Kota Banjarmasin yang bersih, piala Adipura ini hanyalah sebuah tropi, sebuah penghargaan, tetapi piala Adipura yang sesungguhnya ada di setiap perilaku di dalam hati dan juga jiwa seluruh warga kota, ayo kita bersih-bersih, ayo kita pertahankan Kota Banjarmasin sebagai Kota peraih Adipura untuk Tahun 2019, dan mudah-mudahan untuk tahun yang akan datang kita bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi”. 
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: