slider

Recent

Navigation

Walikota Tegur Pedagang Siring Menara Pandang

BANJARMASIN – Lantaran dianggap masih kurang perhatian dengan kebersihan lingkungan, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina akhinya turun langsung ke lapangan untuk memberikan teguran kepada para pedagang kuliner di sepanjang Siring Menara Pandang, Banjarmasin. “Tolong bersihkan sampah-sampah bekas jualannya. Minggu depan saya akan ke sini lagi, jangan sampai saya melihat masih ada sampah di sini,” ucapnya, Minggu (16/12).


Selain para pedagang, saat itu ia juga menginstruksikan petugas Satpol PP Kota Banjarmasin untuk selalu mengawasi kegiatan di sepanjangn kawasan tersebut. Pasalnya, ia melihat kawasan trotoar siring yang semestinya untuk para pejalan kaki, selain banyak sampah juga dipenuhi para pedagang kaki lima.
Tak hanya itu, para pengunjung Siring Menara Pandang pun juga dihimbaunya untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. “Mari jadikan Banjarmasin Barasih wan Nyaman dimulai dari kita, dengan berbelanja tapi sampahnya dibuang ke tempat sampah,” katanya.
Kegiatan yang dilakukan orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini dilakukannya agar Kota Banjarmasin menjadi Barasih wan Nyaman.
Bersama Komunitas Malingai Banjarmasin dan Forum Komunikasi Hijau Banjarmasin, ia menyusuri sepanjang Siring Menara Pandang, Banjarmasin, sambil mensosialisasikan kebersihan lingkungan dan memunguti sampah yang terserak di trotoar jalan.




Pedagang yang melihat kehadiran H Ibnu Sina, beberapa diantaranya kemudian ikut serta melakukan bersih-bersih di kawasan tersebut.
Mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode inipun berharap, para pedagang harus memiliki tempat sampah masing-masing yang diletakan tak jauh dari tempatnya berjualan. “Pedagang bisa juga mengedukasi masyarakat atau para pembeli dengan cara mengingatkan agar sampahnya dimasukkan ke tempat sampah, itu penting. Di tempat ini tempat sampahnya ada 160 titik, tapi karena memang pedagang dan pengunjung banyak, mau tidak mau harus ada kesadaran untuk menjaga kebersihan,” ujarnya.
Untuk diketahui, Hari Sabtu (15/12), Walikota Banjarmasin mengeluarkan peringatan sekaligus sayembara untuk seluruh masyarakat kota seribu sungai.




Bagi mereka yang berhasil memotret para pembuang sampah di sungai, kemudian memasukannya ke media sosial dengan tag ke instagrram atau facebook walikota, maka setelah diseleksi akan mendapatkan hadiah. “Tolong nanti kalau ada yang membuang sampah ke sungai difoto dan tag ke instagram dan facebook saya, bagi 3 orang yang memoto dengan foto terbaik akan saya berikan hadiah,” ucapnya.
Tak hanya memberikan hadiah bagi yang berhasil memotret para pembuang sampah di sungai, tetapi bagi si pembuang sampah pun H Ibnu Sina berjanji akan memberikannya ganjaran berupa sanksi tegas sesuai peraturan Pemerintah Kota Banjarmasin. “Bagi yang membuang sampah kita akan lakukan tindakan tegas,” tungkasnya.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: