slider

Recent

Navigation

Walikota Serahkan 25 Unit Jukung Kebersihan - H Ibnu Sina : Saya bangga punya Satgas Kebersihan

BANJARMASIN – Dua puluh lima unit perahu (jukung) kebersihan diserahkan Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina kepada lima kecamatan se Kota Banjarmasin. 
Jukung-jukung tersebut sengaja dibuat Pemko Banjarmasin untuk membantu para Satgas Kebersihan di lima kecamatan dalam membersihkan sungai.
Selain menyerahkan jukung tersebut, dalam kesempatan tersebut, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini juga meresmikan Forum Satgas Kebersihan Kota Banjarmasin.
Menurut H Ibnu Sina, penyerahan alat transportasi sungai kepada Satgas Kebersihan itu dilakukan Pemko Banjarmasin untuk mengatasi sampah-sampah yang ada di sungai.


Dengan adanya jukung tersebut, maka diharapkan kebersihan lingkungan sungai dapat lebih terjaga. “Hari ini kita serahkan jukung kebersihan untuk lima kecamatan, dimana masing-masing kecamatan dapat lima unit. Jukung ini disediakan pemerintah karena saya melihat bapak dan ibu petugas kebersihan, selain melaksanakan tugas di darat juga banyak yang turun membersihkan sungai. Jadi ini untuk membantu membersihkan sungai. Terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang tahun ini telah membuat jukung sampah,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, dalam acara penyerahan jukung di Panggung Nol Km, Banjarmasin, Minggu (23/12).
Dikatakannya lagi, tugas untuk membersihkan lingkungan dan sungai itu sebenarnya bukan hanya tanggungjawab Satgas Kebersihan, melainkan tugas seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin.
Karena itu, mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode ini menyatakan apresiasinya kepada para Satgas yang rutin bergerak pada Jumat, Sabtu dan Minggu, serta mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungannya. “Saya sudah melihat para Satgas mulai mengajak masyarakat membersihakan lingkungannya. Sejatinya kebersihan itu bukan hanya tugas Satgas, tapi bisa bekerja sama dengan pemangku sungai, komunitas dan yang paling penting mengajak seluruh lapisan masyarakat,” katanya.


Karena itu, dalam kegiatan yang dihadiri Sedak Kota Banjarmasin H Hamli Kursani, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin H Mukhyar dan para Camat se Kota Banjarmasin itu, ia berharap, masyarakat Kota Banjarmasin bisa ikut membantu tugas para Satgas Kebersihan dalam memerangi sampah. “Jangan sampai ada stigma di masyarakat karena sudah ada petugas kebersihan, sehingga tidak perlu lagi ikut membersihkan lingkungan. Justru itu, tugas kita mengajak masyarakat, mengajak RT, mengajak tokoh pemuda dan tokoh masyarat ikut membersihkan lingkungan. Saya bangga punya Satgas Kebersihan,” ucapnya. 
Menyinggung tentang telah terbentuknya Forum Satgas Kebersihan Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina kembali menyatakan salut dengan ide serta kebersamaan yang telah dijalin para Satgas Kebersihan seKota Banjarmasin dalam rangka mewujudkan Banjarmasin Barasih wan Nyaman. “Ini ide menarik karena dengan adanya fdorum ini antar kecamatan bisa saling bekerjasama. Apalagi beberapa waktu lalu ada kemacetan di sungai karena dari mana-mana masuk. Karena itu saya himbau agar terus bersihkan sampah, bersihkan sungai, jangan sampai banjir atau ada genangan-genangan. Mudahan kolaborasi ini bisa terus ditingkatkan di 2019,” pungkasnya.


Rangkaian lain dalam kegiatan tersebut adalah penyerahan bantuan CSR secara langsung dari PDAM Banjarmasin dan Bank Kalsel berupa rompi untuk para Satgas Kebersihan Kota Banjarmasin.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: