slider

Recent

Navigation

Walikota : Kota Bagus Pasti Sanitasinya Juga Bagus

BANJARMASIN – Ketua III Aliansi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi (AKKOPSI) H Ibnu Sina mengatakan, kota-kota dan daerah-daerah yang memperhatikan akses sanitasi adalah kota dan daerah yang ke depannya akan maju ke depan. Dengan memperhatikan sanitasi berarti memperhatikan hajat hidup orang banyak. “Kota atau kabupaten yang bagus, pasti sanitasinya juga bagus, sehingga kehadiran AKKOPSI di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan reward agar menjadi pemicu bagi kita semua, untuk lebih peduli terhadap sanitasi,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan Advocacy Horizotal Learning (AHL), di Hotel Best Western Kindai Banjarmasin, Kamis (22/11).
Kegiatan AHL yang dilaksanakan dari tanggal 21 hingga 22 November 2018 di Kota Banjarmasin itu, dihadiri sekira 106 peserta dari berbagai daerah di Indonesia.




Kegiatan bertemakan Pengelolaan Sampah Plastik dan Sanitasi di Wilayah Aliran Sungai dan Pesisir itu menghadirkan pembicara terdiri dari Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri. Bupati Pringsewu, H Sujadi Saddad. Direktur AKKOPSI Capt H Josrizal Zain. Kasubid Sampah Kementerian LH RI, Haruki Agustina.
Lebihlanjut pria yang menjabat sebagai Walikota Banjarmasin ini mengatakan, kegiatan AHL ke depannya bisa menjadi salah satu upaya untuk menjadikan AKKOPSI sebagai organisasi yang bisa menjembatani antara kabupaten kota di seluruh Indonesia. 




Mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode ini pun berharap, kehadiran AKKOPSI dan AHL bisa mengambil fokus prioritas pada pengelolaan sampah di pesisir dan sungai. “Kita akan sharing, seluruh kota saling berbagi tentang pengalaman mengelola sanitasi perkotaan dan juga sanitasi di daerah masing-masing,” pungkasnya.
Sementara itu, Direktur AKKOPSI Capt H Josrizal Zain dalam sambutannya mengatakan, AKKOPSI adalah citra pemerintah pusat, pemerintah daerah dalam mengembangkan advocacy kebijakan untuk penataan program sanitasi.




Tujuan dibentuknya AKKOPSI, terangnya, agar bisa membantu pemerintah baik pusat maupun daerah dalam mensukseskan program nasional. “AHL ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi semua kepala daerah untuk saling tukar menukar informasi, wawasan, dan kisah sukses kita, bagi yang mendengarkan, nantinya diharapkan bisa menjadi pembelajaran dan contoh bagi daerah-daerah lain yang hadir di sini,” katanya.
Selain melakukan sharing tentang keberhasil daerah melaksanakan program sanitasi, saat itu seluruh peserta juga melakukan city tour dengan mendatangi kantor PD PAL Banjarmasin.
Untuk diketahui, PD (Perusahaan Daerah) PAL (Pengelolaan Air Limbah) Banjarmasin adalah perusahaan sanitasi satu-satunya di Indonesia.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: