slider

Recent

Navigation

Gerakan Pramuka Wadah Pendidikan Karakter

BANJARMASIN – Halaman Balai Kota Banjarmasin hari Rabu (29/08) pagi, dipenuhi ribuan anggota Pramuka dari berbagai Kwatir Ranting Pramuka se Kota Banjarmasin. 
Kedatangan mereka, untuk mengikuti apel peringatan Hari Pramuka ke 57 tahun 2018.
Bertindak sebagai pembina dalam apel yang diikuti jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin dan para kepala SKPD itu Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina.


Ketua Kwatir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, dalam sambutannya yang dibacakan H Ibnu Sina mengatakan, pendidikann kepramukaan yang berdasarkan Satya dan Dharma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka.
Selain itu, lanjutnya, Satya dan Dharma Pramuka juga harus dijadikan sebagai pedoman dalam bersikap dan berprilaku. “Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa Indonesia, tentu harus berperan dan mendidik generasi milenial dewasa ini,” ujarnya.




Gerakan kepanduan, terangnya, merupakan cikal bakal gerakan Pramuka, dan telah ada di bumi pertiwi sejak tahun 1912. “Eksistensi gerakan ini di Indonesia telah dimulai sejak 106 tahun yang lalu, namun yang terpenting kita harus pahami bahwa filosofi dan nilai-nilai kepramukaan digali dari bangsa dan kebudayaan Indonesia,” ucapnya.
Diharapkan, katanya lagi, seluruh jajaran Pramuka, terutama para anggota Pramuka dewasa agar merapatkan barisan untuk bekerjsama secara sinergis guna mempercepat terwujudnya kaum muda Indonesia yang berkepribadian luhur, berkarakter, berwatak, handal dalam berfikir dan bertindak, memiliki jiwa bela negara serta trampil dalam berbagai kecakapan.




Dari data terhimpun, dalam gelar apel tersebut, gerakan Pramuka Kota Banjarmasin juga menyerahkan hadiah kepada para anggota Pramuka Kota Banjarmasin berprestasi. Penghargaan tersebut diserahkan usai pelaksanaan apel peringatan tersebut.


Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: