slider

Recent

Navigation

Walikota ingin bawa Palui masuk Museum Kota Banjarmasin

Si Palui, Warga Kota Banjarmasin mana yang tak kenal dengan tokoh rekayasa ciptaan (alm)Drs H Yustan Aziddinini, walaupun sang penciptanya telah bepulang, namun tokoh Palui yang sering tampil di halaman surat kabar Banjarmasin ini tetap melekat di seluruh hati masyarakat hingga seantero Kalimantan Selatan.
Guna mengenang beliau, Yenny Yanuarita, Putri Sang Pengarang Palui membuat sebuah ruang memorabilia yang berisi sejumlah hasil karya beliau yang masih otentik.


Bertempat di Jalan Zafri zam-zam, ruang kecil dominan warna putih yang bisa dikatakan juga sebagai museum mini si Palui ini, sempat di kunjungi Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina beserta keluarga saat sedang rehat dari kesibukannya sehari hari.
Ruang yang ditata apik tersebut menampilkan sejumlah peninggalan ruang kerja sang maestro, pendiri salah satu Harian Cetak di Banjarmasin. Mulai dari sebuah meja kerja dengan Mesin Ketik merek Olympia yang takkan pernah kita temui lagi, hingga naskah asli cerita si Palui yang membahas seputar kehidupan masyarakat sebenarnya. Ada pula tape recorder, kamera, tas kerja, bahkan telpon jaman old warna merah yang sering digunakan. tombolnya nomer pun masih dengan cara di digiling (diputar).


"Museum Mini Sang Legendaris si Palui", demikian sebutan Ibnu dengan kagumnya. sang Walikota pun merasakan hubungan emosianal yang begitu mendalam saat melihat seluruh isi ruang tersebut, apalagi ternyata Ibnu pernah jadi adalah anak didik dari sang Kakak.
kekaguman Ibnu pun tambah besar setelah tau begitu banyak kepiawaian beliau sebagai seniman. "banyak yang tak tau, abah selain penulis, wartawan, juga seniman musik, sering bikin lagu, bisa nyanyi seriosa dan keroncong" ujar sang anak menjelaskan.


Keberadaan Pojok Museum mini ini langsung mendapat apresiasi dari Pa Wali, beliau pun langsung meniatkan untuk memasukkan ruang ini ke Museum Kota Banjarmasin "Insyaallah sebentar lagi kita akan membangun Museum Kota. Mudah mudahan 2019 mendatang sudah terealiasi dan nanti kita sediakan ruang khusus untuk ini" ujarnya.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: