slider

Recent

Navigation

289 Masyarakat Dapat Penghargaan

BANJARMASIN – Menjelang peringatan detik-detik HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 73, Pemko Banjarmasin memberikan penghargaan kepada 289 masyarakat yang terdiri dari notaris, guru berprestasi, siswa SD, siswa SMP, tenaga kesehatan, tenaga KB, Pemuda Pelopor, Jambore, Adiwiyata, DP3A dan Tenaga Dinas Sosial, berprestasi.


Penghargaan diserahkan langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, di Lobby Balai Kota Banjarmasin, bersamaan dengan kegiatan Malam Ramah Tamah Walikota dan Wakil Walikota dengan unsur Forkompida, Para Perintis Kemerdekaan, Veteran Angkatan 45, Janda Pejuang 9 November, Purnawirawan, Weredatama, Warakauri, dan Para Teladan serta Anggota Paskibraka Kota Banjarmasin, Kamis (16/08).
Walikota Banjarmasin mengatakan, Kota Banjarmasin salah satu kota di Indonesia yang menjadi saksi sejarah perjuangan. 


Banyak sejarah perjuangan terukir disini, tuturnya, karena itu spirit yang ada di HUT Kemerdekaan RI ke 73 ini, juga menjadi spirit harijadi Kota Banjarmasin yang ke 492. “Jadi kota ini sudah tua, lebih tua dari kota Jakarta, lebih tua satu tahun dari Jakarta. Kota tua dengan berbagai persoalan, tetapi menjadi pintu gerbang ekonomi perdagangan dari pulau Jawa ke Kalimantan tentunya menjadi harapan bagi kita semua agar bisa menjadi tempat yang nyaman untuk tumbuh dan bekembang,” ucapnya.
Untuk itu, ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejuang yang telah berhasil merebut kemerdekaan ini. “Atas nama Pemko Banjarmasin dan masyarakat, saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pejuang yang telah merebut kemerdekaan dan menjaga kemerdekaan ini,” katanya. 
Sebagai genersi penerus, katanya lagi, sudah seharusnya seluruh lapisan masyarakat dapat mengisi perjuangan ini dengan sebaik-baiknya dan bertanggungjawab, sehingga perjuangan kemerdekaan ini tidak sia-sia. “Mari kita berjuangan dengan spriti kolaborasi untuk wujudkan Kota Banjarmasin Baiman,” ajaknya.


Ketua Legium Veteran Kota Banjarmasin, Kaspul Anwar dalam kesempatan yang sama menyatakan, sangat berterima kasih dengan Walikota Banjarmasin dan Wakil Walikota Banjarmasin yang selama ini telah memperhatikan keberadaan para veteran pejuang. “Kami ingin sekali berperan dalam pembangunan di Kota ini. Karena itu beri kami kesempatan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada para siswa di kota ini,” ucapnya.


Keinginan para veteran tersebut memang cukup beralasan. Pasalnya, mereka menilai saat ini tak sedikit masyarakat yang tidak mengetahui secara benar tentang arti nilai-nilai kebangsaan. “Saya pernah menegur orang yang memasang bendera. Saya suruh lepas, karena benderanya sudah sangat tua, sehingga warna merahnya sudah tidak terlihat lagi,” katanya saat menyampaikan sambutannya.
Plh Sekda Kota Banjarmasin, Gazi Akhmadi dalam laporannya menjelaskan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan Pemko Banjarmasin menjelang peringatan HUT Proklamasi RI ke 73, seperti mengeluarkan himbauan kepada masyarakat hingga melaksanakan kick off rangkaian kegiatan harijadi Kota Banjarmasin ke 492 di kawasan Kuliner Baiman.


Kegiatan tersebut kemudian dilanjutkan dengan renungan suci ke Taman Makam Pahlawan di Landasan Ulin, Kota Banjarbaru.
Bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan yang dilaksanakan pukul 00.00 Wita itu Danrem 101 Antasari, Kolonel Inf Yudianto Putrajaya.
Dalam sambutannya, perwira menegah ini mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: