slider

Recent

Navigation

3.831 Calhaj Kalsel Siap Diberankatkan

BANJARMASIN – Tiga ribu delapan ratus tiga puluh satu orang jamaah Calon Haji (Calhaj) asal Kalsel, dipastikan akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah pada pertengahan Bulan Juli 2018 ini.
Kepastian pemberangkatan tamu Allah SWT itu, dikatakan langsung Kemenag Provinsi Kalsel H Noor Fahmi.
Menurutnya para jamaah calon haji kloter pertama, akan masuk asrama atau pemondokan sementara sebelum berangkat ketanah suci Makkah pada tanggal 18 Juli 2018. “Masuk asrama tanggal 18 Juli. Kita berkumpul di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Kemudian sekitar jam 15.00 Wita sudah berada di asrama haji. Dan pada tanggal 19 Juli 2018 sekira pukul 19.00 Wita, diberangkatkan menuju Madinah,” ujarnya, saat memberikan arahan kepada para jamaah calon haji Kalsel, yang mengikuti kegiatan Manasik Haji Massal I dan II, di Ball Rom Hotel Aria Barito Banjarmasin, Rabu (27/06).


Dalam kegiatan yang iikuti Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Noor Fami juga menyatakan, jumlah jamaah calon haji Kalsel yang berangkat pada tahun 2018 ini, tidak berbeda dengan tahun 2017 lalu, dan untuk jamaah terbanyak se Kalsel, ucapnya lagi, tahun ini ada di Kota Banjarmasin.
Selama berada di tanah suci Makkah nanti, jelasnya, para jamaah calon haji akan mendapatkan konsumi sebanyak 40 kali, terdiri dari 2 kali makan siang dan malam, dan untuk pagi harinya akan mendapatkan konsumsi snack berat.


Ia berharap, selama berada di tanah suci para jamaah haji Kalsel kompak dan saling berkoordinasi. “Saya berharap selama berada di tanah suci rombongan jangan berpisah-pisah, kemudian identitas seperti gelang dan lainnya jangan dilepas atau hilang,” harapnya.
Menyinggung tentang kegiatan manasik haji itu sendiri, Noor Fahmi kembali kembali menerangkan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebanyak 10 kali terdiri, 2 kali oleh Kemenag Kalsel dan sisasnya oleh KUA di Kecamatan.
Kepada para panitia khususnya petugas haji, ia kembali mengharapkan agar benar-benar melakukan seleksi kesehatan terhadap para jamaah calon haji, sehingga saat mereka masuk asrama kondisinya benar-benar sehat dan siap diberangkatkan.


Hal lain yang disampaikannya saat itu tentang kebijakan pemerintah terhadap para calon jamaah haji Indonesia. 
Katanya, untuk tahun 2018 ini tepatnya sebelum rangkaian kegiatan haji dilaksanakan, bagi calon jamaah haji yang meninggal dunia, maka keberangkatannya bisa digantikan dengan ahli warisnya
Sementara itu, Kemenang Kota Banjarmasin M Rofi’i juga menjelaskan, tahun 2018 ini jumlah jamaah calon haji Kota Banjarmasin yang berangkat ke tanah suci sebanyak 681 orang, terdiri 308 laki-laki dan 383 perempuan. “Usia tertua jamaah calon dari Kota Banjarmasin ada dua orang 78 tahun dan 77 tahun. Sedangkan yang termuda juga dua orang berumur 19 tahun,” ujarnya


Iapun berharap, para jamaah calon haji dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik haji, dan melaksanakan syarat-syarat berhaji. “Jadi tolong ikuti manasik haji, kemudian jaga kesehatan,”
Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah yang masuk dalam rombongan keberangkatan pada kloter pertama embarkasi Syamsudin Noor, berharap, keberangkatan jamaah calon haji asal Kota Banjarmasin tahun 2018 ini tidak mengalami kendala dan dapat berjalan lancar. “Mohon doanya agar seluruh jamaah calon haji asal Kota Banjarmasin saat berangkat kemudian menjalankan ibadah berjalan lancar, dan sekembalinya ke tanah air menjadi haji yang mabrur,” katanya.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: