slider

Recent

Navigation

Ribuan Warga Pungut Sampah di Jalan

BANJARMASIN – Ajakan para pemimpin Bumi Kayuh Baimbai untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, benar-benar diikuti warga kota seribu sungai.
Buktinya, hari Minggu (15/03), ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat, tumpah ruah di kawasan Car Free Day, Kota Banjarmasin dan sekitarnya, untuk beraksi babarasih sampah (Clean Up Part III) tahun 2018.
Dipimpin langsung Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, serta masyarakat tersebut, mereka terlihat memungut setiap sampah yang ditemukan di sepanjang jalan, kemudian memasukannya ke dalam “bakul” (keranjang) yang ada di tangan mereka.
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari Puncak Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2018.


Selain babarasih sampah di jalan, aksi di pagi hari itu juga dirangkai dengan dialog bersama Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Dirjen dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Titin, PLH Sekda Kota Banjarmasin H Hamdi dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, serta aksi membubuhkan tanda tangan di kain putih sepanjang 270 meter. “Saya tadi berjalan berkeliling kota dan melihat antusias warga Banjarmasin yang luar biasa, dan yang paling penting sampah di kota ini sedikit sekali,” ujar Titin, saat menyampaikan sambutannya.
Tak hanya itu, wanita ini juga menyatakan apresiasnya atas sambutan masyarakat Kota Banjarmasin dalam acara peringati Hari Peduli Sampah Nasional 2018 ini. “Ini sangat luar biasa, Banjarmasin adalah kota ke sembilan yang telah kami kunjungi dalam kegiatan ini,” ungkapnya.


Dan yang lebih menariknya lagi, ucapnya, di kota ini yang paling banyak ditemukan adalah sampah organik. “Saya sangat menikmati sekali ketika berkeliling kota ini, dan sampahnya yang banyak temukan bukan plastik tapi organik. Ini luar biasa dan saya tahu sudah banyak kota lain di Indonesia yang belajar dari Kota Banjarmasin untuk pengurangan kantong plastik,” terangnya.
Ia pun berharap, apa yang sudah dilakukan pemerintah bersama masyarakat di kota ini tidak berhenti sampai di sini. “Lakukan terus menerus kegiatan ini, dan nanti hasilnya pasti akan semakin baik lagi,” ucapnya.
Ditambahkannya, dalam hal pengurangan masalah persampahan, pemerintah memiliki target 30 persen sampah bisa dikurangi dan 70 persen sampah yang ada bisa ditangani.
Karena itu, ia berpesan, masyarakat harus membantu Pemko Banjarmasin mengatasi masalah sampah. “Bantu Pemko Banjarmasin mengatasi masalah sampah di sungai, di hutan dan di jalan,” pungkasnya.
Sementara itu, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, untuk mengurangi sampah terutama sampah plastik, selain telah membuat Perda tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik di Ritel dan Toko Modern, Pemko Banjarmasin kini telah membentuk sekira 210 unit bank sampah, yang siap menampung sampah-sampah tersebut.


Usaha lain yang juga telah dilakukan Pemko Banjarmasin untuk mengurangi aksi buang sampah sembarangan ini, lanjutnya, adalah dengan menggandeng para ulama, sehingga dalam setiap ceramah yang disampaikannya dapat diselipkan sosialisasi tentang gerakan menjaga kebersihan lingkungan.
H Ibnu Sina juga menyatakan, upaya yang langsung dilakukannya agar kebersihan kota tetap terjaga adalah dengan melantik para pelajar tingkat SMP di Kota Banjarmasin menjadi duta kebersihan lingkungan. “Tolong doakan kami untuk tetap Istiqomah agar tetap bisa mengurangi sampah plastik. Tentunya hal ini harus di komunikasikan untuk itu kami mohon dukungan,” tuturnya.
Diharapkan, katanya lagi, usaha Pemko Banjarmasin untuk mengurangi sampah ini juga didukung pihak media massa, sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat mengetahui dan mengerti tentang kebersihan lingkungan. “Kepada pihak media massa, tolong komunikasi tentang pengurangan sampah ini. Komunikasikan tentang kebersihan kota dan jangan membuang sampah sembarangan,”pungkasnya.
Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Clean Up Part III ini dilaksanakan Pemko Banjarmasin sejak Bulan Januari 2018 tadi, beragam kegiatan dilakukan mulai dari sosialisasi hingga turun langsung ke lapangan melaksanakan babarasih kota, mulai dari babarasih di jalan hingga di sungai.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: