slider

Recent

Navigation

Acil Siap Dukung Garbus

BANJARMASIN – Peran TP PKK Kota Banjarmasin membantu Pemko Banjarmasin menjadikan kota berjuluk seribu sungai sebagai kota dengan sanitasi terbaik tak perlu diragukan lagi.
Organisasi wanita yang diketuai Hj Siti Wasilah ini menyatakan kesiapannya untuk membantu Gerakan Mengurus Sanitasi (GARBUS), yang telah dilauching perusahan Perusahaan Daerah (PD) Pengelola Air Limbah (PAL) Kota Banjarmasin, melalui program Aku Cintai Lingkungan (ACIL) milik TP PKK Kota Banjarmasin.
Bahkan, untuk lebih suksesnya gerakan tersebut, istri Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina ini menyatakan, akan menggerakan seluruh Dasawisma yang ada di Bumi Kayuh Baimbai. “Dasawisma kami yang aktif ada lima ratus buah dan kami telah mengajak Pak Lurah kemudian Ketua TP PKK Kelurahan untuk menstimulus berkembangnya Dasawisma ini. Jadi kalau perlu, PKK juga bisa membantu Gerakan Urus Sanitasi dari PD PAL Banjarmasin. Insyaallah PKK siap mendukungnya melalui program Aku Cintai Lingkungan (ACil),” katanya saat memberikan arahannya kepada para anggota TP PKK, dalam kegiatan Sarasehan Peningkatan Kapasitas Sosial Marketing PD PAL Untuk Mencapai Akses Universal 100-0-100, di Swiss Bell Hotel, Banjarmasin.



Dihadapan Ketua Umum Penggerak PKK Pusat, Dr Erni Guntarti Cahyo Kumolo yang hadir dalam kegiatan itu, Hj Siti Wasilah juga menyatakan, Dasawisma di Kota Banjarmasin merupakan ujung tombak TP PKK untuk membantu masyarakat.
Karenannya, ia berharap, dari ratusan ribu penduduk kota, setiap 10 sampai 20 buah rumah bisa menjadi dasa wisma, sehingga di kota ini akan terbetuk ratusan Dasawisma.
Dalam kesempatan yang sama, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengatakan, letak geografis Kota Banjarmasin berada di bawah permukaan laut, dan saat ini sangat perlu penanganan limbah, khususnya limbah cair. “Terkait dengan air limbah ini, masih belum menjadi kesadaran bersama. Sementara, rumah tangga selalu mengeluarkan limbah domestik dan itu larinya ke sungai-sungai dan ke darainase. Saya tegaskan sekali lagi bahwa Banjarmasin itu berada di bawah permukaan laut dan sangat perlu sebuah penanganan dasar terkait penanganan limbah cair,” ujarnya.



Masih menurut H Ibnu Sina, selain tentang pengelolaan limbah cair, hal lain yang kini masih diupayakan pemerintah kota bersama PD PAL Kota Banjarmasin pencapaian target kualitas air minum 100 persen baik, kawasan kumuh nol persen dan air limbah 100 persen tidak menimbulkan pencemaran atau lebih mudahnya disebut dengan akses universal 100-0-100.
Sementara itu, Direktur PD PAL Kota Banjarmasin H Rahmatullah menyatakan, agar capaian target 100-0-100 tercapai, maka pihak PD PAL akan terus melakukan pembenahan dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kota Banjarmasin.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: