slider

Recent

Navigation

Seluruh SKPD Diminta Laksanakan Germas

BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina menghimbau, Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dapat dilaksanakan mulai dari tingkat SKPD hingga tingkat Kecamatan dan Kelurahan. “Saya menghimbau, terkait gerakan masyarakat sehat agar dilaksanakan dari tingkat SKPD sampai kelurahan, kemudian setiap hari Jumat melaksanakan kegiatan bersepeda ke kantor, dan tidak merokok disembarang tempat,” katanya, disela-sela menyampaikan arahannya, dalam kegiatan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Tahun 2017, di Ball Room Hotel Roditha, Banjarmasin, Rabu (20/12).


Selain itu, orang nomor satu di kota seribu sungai ini juga menegaskan, terkait rekrutmen tenaga medis untuk Rumah Sakit Pangeran Suriansyah, hingga saat ini Pemko Banjarmasin belum melakukan rekrutmen tenaga tersebut, karena masih menunggu petunjuk dari pihak Kemenpan RB. “Jadi kalau ada yang menyatakan atau memposting di media on line telah dibuka penerimaan tenaga medis untuk RS, itu tidak benar,” tegasnya.



Terkait kegiatan Rakerkesda yang bertemakan sehat keluargaku, sehat Indonesiaku, mantan anggota DPRD Kalsel ini menyatakan sangat sejalan dengan visi dan misi Pemko Banjarmasin yang ingin mewujudkan Banjarmasin sebagai kota Baiman. “Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga itu merupakan program integrasi. Dan ini merupakan pendekatan paling komposit dengan 12 indikator keluarga sehat,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr Anis, dalam sambutannya mengatakan, program Indonesia Sehat adalah salah satu program dari agenda 5 nawacita.



Adapun sasaran dari program tersebut, jelasnya, untuk meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. “Program Indonesia sehat dilaksanakan dengan menegakan 3 pilar utama, yakni penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional. “Selain program Indonesia sehat, pemerintah juga meluncurkan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) untuk dapat mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat dengan adanya kerjasama dari berbagai sektor,” jelasnya.
Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Germas, katanya lagi, merupakan upaya pemerintah dalam membangun kemandirian masyarakat dalam hidup sehat.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: