slider

Recent

Navigation

32 Provinsi Hadiri Kongres Sungai III

BANJARMASIN – Kota Banjarmasin kota sungai terindah di Indonesia. Slogan tersebut nampaknya akan benar-benar segera terealisasi.
Betapa tidak, selain karena usaha perbaikan kondisi sungai yang gencar dilakukan Pemko Banjarmasin, juga bantuan berbagai saran dan masukan yang dilakukan para komunitas pencinta sungai se Indonesia yang akan menggelar Kongres Sungai III se Indonesia, di Kota Banjarmasin.
Kegiatan tersebut dilaksanakan di Siring Menara Pandang, tempatnya di kawasan Perairan Sungai Martapura dan akan diikuti sekira 32 Provinsi dengan jumlah peserta 1000 orang.
Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, Pemko Banjarmasin ingin dengan adanya kongres sungai ke III ini, bisa lebih menonjolkan tentang pengelolaan sungai yang baik. “Dulu ada dinas yang menangani tentang sungai, namun sekarang dinas tersebut sudah dilebur ke instansi lain. Nah, hal seperti ini yang ingin kita tonjolkan, sehingga pemerintah pusat dapat mengetahuinya, dan pengelolaan sungai itu tidak bisa spot by spot, tapi harus tuntas dari hulu sampai hilir,” ujarnya, seperti yang disampaikan Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Hamdi, saat Jumpa Pers, terkait pelaksanakaan Kongres Sungai III, Senin (30/10).



Ditambahkan Hamdi, untuk membuat sebuah sungai yang bersih dan bagus, selain harus ada instansi khusus yang menanganinya juga perlu adanya keseriusan dalam pengelolaannya. “Karena itu, Kota Banjarmasin merasa sangat perlu dengan adanya kegiatan Kongres Sungai III ini,” pungkasnya
Kongres Sungai III, dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 4 November 2017. Selain dihadiri para komunitas, kegiatan tersebut juga dihadiri para kepala daerah di Indonesia, salah satunya yang akan hadir dalam kegiatan tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah, H Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Selain itu, pembukaan acara tersebut akan dilakukan langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut Binsar Panjaitan. 



Ketua Panitia Kegiatan Kongres Sungai III, Syaiful Adhani menerangkan, tujuan dilaksanakannya Kongres III nanti untuk mengeluarkan deklarasi terkait pengelolaan sungai. “Kongres ini berbicara masalah kebijakan tentang pengelolaan sungai,” ujarnya.
Sementara itu, Sekretaris Penyelenggara Gusti Nurpansyah menambahkan, untuk kegiatan Kongres Sungai IV nanti rencananya akan dilaksanakan di Kota Jakarta. “Nanti Gubernur Jakarta juga akan hadir, ia akan menerima estafet untuk Kongres Sungai IV di Jakarta,” terangnya.
Kegiatan Kongres Sungai, juga akan dirangkai dengan berbagai kegiatan, diantaranya ekspo dan parade sungai.

copyright by facebook humpro-bjm 
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: