slider

Recent

Navigation

Walikota dan Ketua PKK Ajak Siswa Hidup Bersih

BANJARMASIN – Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun se dunia dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional tahun 2017 di SDIT Ukhuwah Banjarmasin, berlangsung sangat meriah.
Terlebih saat itu hadir Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina dan Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah. Karenanya, para siswa sekolah tersebutpun terlihat jadi sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan tersebut. “Hari ini kita melaksanakan dua kegiatan yang saya anggap penting, yaitu peringatan bulan kesehatan gigi nasional dan hari cuci tangan nasional. Kegiatan ini mempunyai substansi yang paling dasar dari kesehatan yaitu menjaga kebersihan perorangan terkait erat dengan kebersihan lingkungan, seperti air dan alat yang dipakai untuk kebersihan,” kata H Ibnu Sina, Selasa (17/10).


Nilai nilai kebersihan, lanjutnya, harus mulai ditanamkan sejak kecil, sehingga akan menjadi perilaku yang akan diterapkan sepanjang hidup. Menanamkan perilaku bersih dan sehat itu, jelasnya lagi, merupakan upaya yang harus dilakukan terus menerus, terarah dan terpadu pada setiap orang atau kelompok.
Sedangkan penyakit gigi, bebernya, merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan berdampak pada tingginya angka kesakitan, mengurangi hari belajar siswa, serta merupakan vocal infeksi bagi penyakit lain. “Saya menyambut baik kegiatan ini, dan berharap kegiatan ini tidak dilaksanakan pada hari dan sekolah ini saja, namun berlanjut ditempat lain dengan sasaran yang lain, sehingga tujuan penyebarluasan informasi kesemua masyarakat kota Banjarmasin dapat tercapai,” terangnya.
Dalam kegiatan bertemakan “Senyum Sehat Kini dan Nanti Menuju Indonesia Bebas Karies 2030”, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah menyatakan, salah satu tujuan dari kampanye ini untuk penurunan angka kematian pada anak-anak, dimana lebih dari 5 ribu anak dan balita penderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia. 



Dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, jelasnya, dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen. “Cuci tangan pakai sabun adalah cara yang sederhana, mudah murah tetapi sangat bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Kami menyadari pembiasaan mencuci tangan dengan sabun pada masyarakat harus dimulai dari usia dini. Balita, usia sekolah PAUD dan TK serta siswa SD adalah sasaran yang sangat efektif untuk membentuk generasi yang berperilaku hidup bersih dan sehat,” katanya.



Ditegaskan Hj Siti Wasilah lagi, TP PKK Kota Banjarmasin akan selalu menjadi mitra dengan semua pihak, untuk mensukseskan seluruh program pemerintah dan swasta. “Hari ini kita berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi, PT Unilever, Sekolah (SDIT Ukhuwah), Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Persatuan Dokter Gigi dan Perawat Gigi dengan tujuan yang sama menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat melalui kegiatan hari ini,” tandasnya.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: