slider

Recent

Navigation

Motif Kain Sasirangan Khas Banjarmasin Dirumuskan

BANJARMASIN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah mengajak para pengrajin kain sasirangan di Kota Banjarmasin untuk membuat desain motif kain sasirangan, yang bisa diterima oleh semua orang.
Selain itu, ia juga menyatakan, para pengrajin sasirangan saat mendesain motif kain sasirangan harus memuat unsur budaya dan kearifan lokal.
Ajakan tersebut dilontarkannya saat menjadi keynote speaker dalam acara Dialog Budaya bertemakan Desain Khas sasirangan Kota Banjarmasin, Sabtu (23/09).


Lebih lanjut Hj Siti wasilah mengatakan, akhir tahun ini, rencananya akan dilaksanakan lomba membuat motif kain sasirangan khas Kota Banjarmasin. Untuk itu, ia mengharpakan pihak Pemko Banjarmasin untuk bisa mengakomodir para pemenang dalam lomba tersebut.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina itu, hadir sebagai narasumber Andi Ida Fitria Kusuma, Kawang Yoedha dan Masruddin.
Ibnu Sina mengatakan, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan tersebut nantinya dapat menyimpulkan motif ciri khas kain sasirangan kota ini. “Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini keunggulan dari sisi kreatifitas semakin berkembang. Bahkan bisa menjadi kekayaan budaya tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia,” ujarnya, saat memberikan sambutannya.



Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Palimasan Lantai 5, Gedung Banjarmasin Post itu, katanya lagi, dipandang perlu untuk menggali dan mengklarifikasi desain kain sasirangan khas yang buat oleh para pengrajin di kota seribu sungai. “Ini penting untuk menjadikan desain itu sebagi citra bagi perkembangan Kota Banjarmasin,” katanya.
Diharapkan, dialog budaya ini dapat memotivasi semua pengrajin untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mendesain kain sasirangan.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: