slider

Recent

Navigation

29 Unit E Warong Terbentuk

BANJARMASIN – Janji Pemko Banjarmasin untuk selalu hadir di tengah masyarakat benar-benar terbukti.
Salah satu contohnya adalah terbentuknya pengembangan usaha berbentuk Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong).
Tak tanggung-tanggung, di tahun 2017 ini, jumlah E Warung yang berhasil dibentuk Pemko Banjarmasin berjumlah 29 unit, yang tersebar si lima kecamatan di Kota Banjarmasin.
Menurut Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, program bantuan pengembangan sarana usaha (BPSU) melalui E Warong kube PKH, dan Penanganan Fakir Miskin perkotaan, dilaksanakan sesuai komitmen Pemko Banjarmasin yang ingin menghilangkan berbagai praktek tidak sesuai dengan perundang-undangan dalam penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat. 



Pemerintah, jelasnya lagi, berkewajiban melindungi masyarakat dari kemungkinan terjadinya resiko sosial, meningkatkan kemampuan ekonomi, dan memberikan bantuan pengembangan sarana dan prasarana usaha (BPSU) yang di berikan kepada anggota Kube PKH. “Masyarakat miskin penerima manfaat akan bertransaksi secara non tunai yang dilakukan dengan menggunakan kartu combo yang disediakan oleh pihak perbankan. “Mesin elektronik data capture (EDC) dan percetakan kartu elektronik sesuai dengan basis data terpadu 9BDT), hasil verifikasi dan validasi data KPM,” ujarnya saat Launching Kube Jasa E-Warong dan penyerahan secara simbolis bantuan Beras Perkotaan, di jalan HKSN Gang Swadaya Tani, Banjarmasin Utara, Rabu (20/09).



Dalam kesempatan tersebut, Ibnu Sina juga menjelaskan tentang pencairan beras sejahtera dan Dana PKH secara non tunai.
Katanya, tujuan kedua program tersebut salah satunya agar terintegrasi dan lebih efisien, sehingga masyarakat tidak perlu lagi berlama lama antri.
Sementara itu, Kabid Perlindungan Jaminan Sosial dan penanganan Kemiskinan, Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Aep Ruhya menerangkan, tujuan dilaksanakan kegiatan Kube Jasa E-Warong untuk menyediakan kebutuhan usaha dan kebutuhan pokok sehari-hari, dengan harga murah bagi anggota Kube, Rastra dan peserta PKH. “Dana kegiatan E Warong di wilayah Kota Banjarmasin berasal dari DIPA Direktorat PenangananKemiskinan Perkotaan, Kementerian Sosial RI tahun 2017, dan tiap warong menerima bantuan sebesar Rp 30 juta,” jelasnya.



Dalam kegiatan yang dihadiri Camat Banjarmasin Utara itu, Walikota Banjarmasin juga menyerahkan bantuan beras perkotaan kepada masyarakat setempat.

copyright by facebook humpro-bjm 
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: