slider

Recent

Navigation

Pemuda Harus Bisa Jadi Antibodi

BANJARMASIN – Genderang perang terhadap segala bentuk hoax yang kini marak terjadi di dunia maya, mulai ditabuh para pemuda Kota Banjarmasin.
Melalui pembentukan duta-duta damai dunia maya BNPT untuk perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, para pemuda kota berslogan Baiman itu, siap menangkal segala jenis hoax yang akan menghancurkan generasi muda di kota ini.
Bahkan, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina secara khusus berpesan, agar para pemuda kota seribu sungai harus bisa bertindak sebagai “antibodi” dalam melawan pengaruh negatif dunia maya. “Selamat bertugas, nanti setelah dilantik mudah-mudahan konten positif yang disebarkan disosial media dan di dunia maya, akan menjadi pesan damai yang akan menyebar dari ufuk Selatan Kalimantan ke seluruh dunia,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya dalam kegiatan penutupan pelatihan sekaligus pengukuhan Duta Damai Dunia Maya, di Hotel Golden Tulip, Banjarmasin, Kamis (14/09). 


Selain itu, H Ibnu Sina juga berharap, para pemuda di kota ini bisa menjadi pelopor pembawa pesan damai tidak hanya untuk seluruh warga kota, tetapi juga untuk seluruh umat manusia di dunia. “Dalam kesempatan yang baik ini izinkan saya menyampaikan pesan-pesan bahwa banyak masalah yang ada disekitar kita, jangankan di dunia maya, di dunia nyata saja begitu banyak problem yang kita hadapi, karena itu hadirnya duta damai ini saya harapkan agar kota Banjarmasin tetap aman dan damai, Banjarmasin juga satu-satunya ibukota di Kalimantan yang belum pernah pecah isu-isu mengenai SARA itu hanya di Banjarmasin,” harapnya. 



Selai itu, mantan anggota DPRD Kalsel tiga periode ini juga menyatakan apresiasinya kepada Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang sudah menggelar pelatihan Duta Damai Dunia Maya, khususnya dari kota Banjarmasin.
Dari data yang dihimpun, Kota Banjarmasin ternyata menjadi kota pertama di pulau Kalimantan yang memiliki Duta Damai Dunia Maya. Di tingkat nasional, Kota Banjarmasin adalah kota kelima yang memiliki Duta Damai Dunia Maya setelah Medan, Makassar, Jakarta dan Yogyakarta.
Pelatihan Duta Damai Dunia Maya diikuti 60 orang yang terbagi tiga kategori, Blogger atau Penulis dengan jumlah 30 orang, Desain Komunikasi Visual dengan jumlah 20 orang, dan Informasi & Teknologi dengan jumlah 10 orang. 



Hasil yang dicapai dari kegiatan ini yaitu terbentuknya duta-duta damai dunia maya BNPT untuk perwakilan provinsi Kalimantan Selatan sebagai mitra strategis PMD dalam menyemarakkan konten damai dunia maya. Dan sebagai duta damai para peserta juga memiliki lima websites yang digunakan sebagai mitra strategis BNPT dengan struktur redaksi terdiri dari Tim IT, Tim DKV, dan Tim penulis.
Adapun lima website Duta Damai Dunia Maya tersebut antara lain, www.wasaka.dutadamai.id, www.intan.dutadamai.id, www.kliksanak.dutadamai.id, www.komvak.dutadamai.id dan www.sarantak.dutadamai.id.

copyright by facebook humpro-bjm 
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: