slider

Recent

Navigation

10 Ribu Relawan Ikut Babarasih Kota Jilid II

BANJARMASIN – Setelah sukses menggelar aksi babarasih kota jilid I, Pemko Banjarmasin kembali menggelar aksi babarasih kota jilid II.
Aksi yang dipimpin langsung Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah itu, melibatkan sekira 10 ribu orang relawan yang terdiri dari ASN, Pelajar, TNI, Polri, komunitas peduli lingkungan, warga keturunan Tionghoa, karang taruna, bank sampah hingga pemuda.
Kawasan yang menjadi target aksi babarasih saat itu sepanjang Sungai Veteran, yang berlokasi di Jalan Veteran Banjarmasin Timur.


Menariknya, dalam aksi babarasih kota jilid II itu, Pemko Banjarmasin juga menurunkan alat pencacah sampah enceng gondok, sehingga sampah-sampah tersebut langsung bisa diolah sebagai pupuk.
Menurut Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah mengatakan, aksi babarasih kota jilid II tersebut sengaja difokuskan di Sungai Veteran Banjarmasin.
Tujuannya, jelasnya, untuk mewujudkan Kota Banjarmasin yang Baiman (Barasih wan Nyaman). “Kegiatan ini akan berlanjut terus. Dan kami sangat mengapresiasi kegiatan babarasih ini. Diharapkan pada pertemuan dan kegiatan babarasih berikutnya, akan mendapat lebih banyak lagi dukungan dari seluruh warga,” tutur Hermansyah didampingi Sekda Kota Banjarmasin H Hamli Kursani, Sabtu (22/07).


Assisten II Drs H Hamdi yang juga ikut dalam kegiatan tersebut menjelaskan, saat aksi babarasih kota tahap pertama, sampah yang dihasilkan langsung dibuang ke tempat pembuangan akhir.
Namun sekarang, bebernya, sampah yang dihasilkan dari aksi babarasih jilid II langsung ditangani dengan mesin pencacah untuk dibuat kompos. “Kalau sampah plastik bisa langsung dijual ke Bank Sampah. Demikian juga botol dan plastik minuman, kita kumpulkan kemudian bisa dijual ke Bank sampah. Hal ini akan mengedukasi masyarakat supaya saat melakukan kebersihan sampahnya tidak langsung dibuang, tetapi dipilah sehingga bisa dijadikan pupuk dan rupiah,” terangnya.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, H Muhiyar mengatakan, aksi babarasih kota jilid II ini sengaja digelar untuk mengajak sekaligus mengedukasi masyarakat agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dan sungai di Kota Banjarmasin.


Hal senada juga diucapkan Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin H Gusti Riduan Sofyani. Katanya, aksi babarasih kota jilid II ini untuk mengajak masyarakat peduli dengan kebersihan sungai dan lingkungan. “Total panjang sungai yang berhasil dibersihkan dalam aksi saat itu sekira 3,5 Km ini. Diharapkan kegiatan ini akan terus berlanjut ke kegiatan babarasih kota jilid III,” ujarnya.
Dari pantauan, aksi babarasih Sungai Veteran Jilid II itu dilakukan sejak pukul 07.00 hingga pukul 12.00 Wita. Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah yang saat itu mengenakan pakaian olahraga, terlihat tampa canggung langsung ikut mengumpulkan sampah-sampah yang ditemukannya di sepanjang kawasan Sungai Veteran. Kemudian, dengan bermodalkan dua buah keranjang, sampah-sampah tersebut lalu dibawanya ke mesin pencacah enceng gondok yang berada tak jauh dari lokasi tersebut.


Tak hanya itu, mantan anggota DPRD Kalsel ini juga tak segan-segan duduk dibelakang mobil patroli untuk menuju lokasi lain disepanjang kawasan aksi babarasih tersebut.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: