slider

Recent

Navigation

Panitia Masjid Alhaq Banua Gunakan Kantong Ramah Lingkungan untuk Beras Zakat Fitrah

BANJARMASIN - Apa yang dilakukan para pengurus khususnya panitia penerima zakat fitrah di Masjid Alhaq, Banua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur ini, sangat patut ditiru oleh seluruh lapisan masyarakat Kota Banjarmasin.
Betapa tidak, mereka berinovasi dengan mengganti kantongan plastik yang biasanya digunakan sebagai sarana membayar beras zakat fitrah, dengan kantongan plastik serbaguna dan ramah lingkungan.
Tentu saja, inovasi tersebut langsung mendapatkan sambutan hangat dan apresiasi dari Walikota Banjarmasin Ibnu Sina. Menurut orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini, dengan mengganti penggunaan kantong plastik itu dengan kantong plastik serba guna, berarti para pengurus masjid tersebut telah ikut mendukung program Pemko Banjarmasin yang telah mengeluarkan Perwali Nomor 18 tahun 2016 tentang Larangan Penggunaan Plastik di Toko Modern.
Sesuai melaksanakan solat taraweh berjamaah, Ibnu Sina secara khusus melaunching penggunaan kantong plastik serbaguna tersebut untuk dipergunakan dalam pembayaran beras zakat fitrah.



Dalam kegiatan tersebut, Ibnu Sina juga kembali menghimbau seluruh warga kota seribu sungai untuk selalu menggunakan kantong plastik serbaguna dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari.
Sekedar mengingatkan, sejak tanggal 1 Juni 2016 lalu, Pemko Banjarmasin telah menerapkan kebijakan tentang larangan penggunaan kantong plastik pada pusat perbelanjaan modern.
Hal tersebut dituangkan dalam Peraturan Wali Kota nomor 18/2016 dan Kota Banjarmasin adalah satu dari dua puluh tiga kota di Indonesia yang menerapkan peraturan tersebut. Tujuan diberlakukan peraturan tersebut untuk menekan jumlah sampah plastik di kota ini.

copyright by facebook humpro-bjm 
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: