slider

Recent

Navigation

Walikota Teken Perjanjian dengan Pemerintah Pusat - Untuk Pengelolaan Sampah Berpola 3R

BANJARMASIN - Pemerintah Kota Banjarmasin menandatangani perjanjian kerjasama dengan pemerintah pusat, terkait pengelolaan delapan unit Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dengan pola reduce, reuse, recycle (3R).
Penandatangan perjanjian tersebut dilaksanakan di Hotel Sanur Paradise, Sanur Kaja, Denpasar, Bali, dan dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, dengan Direktur Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman, Direktorat Jenderal Cipta karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Selasa (23/05).



Menurut Ibnu Sina, perjanjian kerjasama tersebut sejalan dengan misi dan visi Pemko Banjarmasun yang ingin mewujudkan Kota Banjarmasin sebagai kota barasih wan nyaman (Baiman).
Salah satu caranya, terangnya, dengan mengurangi sampah keluar perumahan hingga 50 persen melalui Tempat Pembuangan Sampah (TPS-3R). “Output kegiatan ini meningkatnya pemahaman para stakeholder terkait pengelolaan, pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur sanimas dan TPS 3R, untuk keberfungsian dan keberlanjutan infrastruktur berbasis masyarakat sebagai upaya peningkatan kesehatan lingkungan,” ujarnya.



Dari informasi terhimpun, perjanjian kerja sama tersebut dilakukan dengan tujuan menyelaraskan pemahaman dan kewajiban antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten kota, dalam pengelolaan, pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur.
Kegiatan TPS-3R merupakan infrastruktur yang akan dibangun untuk mengurangi sampah melalui kegiatan merubah pola hidup konsumtif, menggunakan kembali sampah dan mendaur ulang melalui pembuatan kompos.



Di tahun 2017 ini, pemerintah pusat berencana menyelenggarakan kegiatan Sanimas di 126 lokasi dan kegiatan TPS-3R di 75 lokasi yang tersebar di 31 provinsi.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: