slider

Recent

Navigation

249 Qori Qoriah Semarakan MTQ Kota Banjarmasin

BANJARMASIN - Sebanyak 249 qori dan qoriah mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XLIX tingkat Kota Banjarmasin tahun 2017. 
Kegiatan di Siring balai Kota Banjarmasin itu, dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.
Menurut Ibnu Sina, kegiatan MTQ diharapkan dapat menjadi syiar pengembangan Islam di Kota Banjarmasin. 



Selain itu, lanjutnya, dengan MTQ dapat memotivasi masyarakat meningkatkan proses pembelajaran Alquran. “Sehingga tercipta generasi qurani yang mampu mendalami, menghayati dan mengamalkan isi yang terkandung Alquran,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya, Sabtu (13/05).
Diharapkan, kata Ibnu Sina, LPTQ Kota Banjarmasin dan LPTQ Kecamatan terus bekerja keras mencari bibit dan menyusun pola pembinaan yang baik serta berjenjang, untuk menemukan qori, qoriah, hafidz, hafidzah yang berkualitas. “Nantinya, mereka dapat mewakili Kota Banjarmasin baik ditingkat provinsi, tingkat nasional, maupun internasional,” harapnya
Sementara itu, dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Sekda Kota Banjarmasin hamli Kursani dan jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin, Kepala Kementerian Agama Kota Banjarmasin H Sofrayani mengajak, seluruh lapisan masyarakat terutama para orangtua untuk benar-benar mendidik dan mengajarkan sejak dini anak-anak mereka, tentang nilai nilai yang terkandung Alquran. “Sehingga generasi yang akan datang lebih berkarakter dan berjati diri,” katanya.
Sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan MTQ tersebut, Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin menjelaskan, pelaksanaan MTQ tingkat Kota Banjarmasin dimulai sejak tanggal 13 hingga 16 Mei 2017. 


Sedangkan tempat pelaksanaannya, lanjutnya, tersebar di enam tempat di kawasan Banjarmasin Timur dan Banjarmasin Tengah. “Pertama panggung utama Siring Balai Kota Banjarmasin, kemudian Masjid Hudaibiyah, Kecamatan Banjarmasin Timur, Masjid Al Ikhwan Jalan Veteran, MtsN Ikhwan Jalan Veteran, Masjid Al Mukhlisin Jalan Manggis, dan SMA Muhammadyah II Jalan Manggis,” jelasnya, saat menyampaikan laporannya.


Lebihlanjut dikatakannya, cabang kegiatan dalam MTQ berjumlah 8 item. Antara lain Musabaqah Tilawatil Quran terdiri atas tiga golongan, golongan anak-anak dengan peserta sebanyak 16 orang. Golongan remaja pesertanya sebanyak 20 orang, dan golongan dewasa sebanyak 15 orang.
Musabaqah Tartilul Quran pesertanya sebanyak 18 orang, bebernya, Musabaqah Qira’at Alquran pesertanya berjumlah 7 orang. Sedangkan Musabaqah Hifzul Quran terdiri dari 5 golongan, golongan satu juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 20 orang. 


Untuk golongan lima juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 16 orang. Golongan sepuluh juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 9 orang. Golongan 20 juz beserta tilawah, jumlah pesertanya 4 orang, dan golongan 30 juz, dua orang. “Untuk Musabaqah Fahmil Quran peserta sebanyak 10 regu. Sedangkan Musabaqah Khatil Quran pesertanya sebanyak 63 orang, Musabaqah Syahril Quran pesertanya 30 orang,” katanya.


Untuk hadiahnya, terangnya lagi, Pemko Banjarmasin menyediakan berbagai hadiah untuk setiap lomba, seperti tropy, uang pembinaan, dan 4 hadiah umroh. “Semoga dapat menambah motivasi para peserta loma untuk menunjukan dan menampilkan yang terbaik dari potensi yang mereka miliki,” pungkasnya
Dalam kegiatan yang dihadir, istri Walikota Banjarmasin, Hj Siti wasilah, istri wakil walikota Banjarmasin, Hj Siti Fatimah, dan istri Sekdako Banjarmasin Hj Aneta Olfah, juga dilakukan penyerahan tropy bergilir dari Camat Banjarmasin Selatan ke Walikota Banjarmasin kemudian diserahkan lagi Camat Banjarmasin Timur. Rangkaian lainnya kegiatan tersebut adalah pelantikan dewan hakim dan majelis hakim MTQ yang dilakukan langsung oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

1 comments: