slider

Recent

Navigation

Walikota Minta Kecamatan Bentuk Kampung Bermain

BANJARMASIN - Kreatif dan inovatif. Begitulah yang dilakukan masyarakat Kecamatan Banjarmasin Utara. Betapa tidak, untuk menjaga kerukunan dan tali silaturahmi, masyarakat setempat membuat sebuah komunitas yang diberi nama Kampung Bermain Bina Olahraga Masyarakat Alalak Utara (Bios Altra).


Ada sembilan cabang olahraga tradisional yang mereka gelar setiap hari minggu sore. Diantaranya, balogo, engrang, bakuntau, badaku, dan asinan.
Hebatnya, beberapa orang anggota komunitas tersebut kini telah menjadi atlit dan pernah menjadi juara dalam beberapa event olahraga tradisional tingkat nasional.
Makanya, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina langsung menyatakan apresiasinya. Bahkan, ia menginginkan kampung bermain di Kecamatan Banjarmasin Utara menjadi proyek percontohan yang patut ditiru oleh kecamatan lain, dilingkup Pemko Banjarmasin.



Tak hanya itu, orang nomor satu di Kota Banjarmasin ini juga menghendaki, ke depannya, komunitas kampung bermain bisa dibentuk disemua RT. Sehingga, kata Ibnu Sina, olahraga tradisional Kota Banjarmasin bisa lebih dikembangkan. “Kampung bermain di Kecamatan Banjarmasin Utara ini merupakan proyek percontohan. Mudah-mudahan dengan adanya kampung bermain ini dapat mengurangi berbagai persoalan di masyarakat, terutama persoalan menyangkut penyakit masyarakat,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya dalam acara pencanangan kampung bermain, Minggu (16/04).



Ibnu Sina yang saat itu hadir bersama istrinya Hj Siti Wasilah berpesan, agar para remaja dan anak-anak di Kecamatan Banjarmasin Utara lebih memfokuskan diri pada kegiatan positif seperti mengerjakan solat lima waktu, mengaji, belajar dan melakukan olahraga terutama olahraga tradisional. “Mudah-mudahan dengan adanya kampung bermain ini, bisa mengurangi kebiasaan anak-anak bermain hp, game online dan saya berpesan anak-anak jangan pernah mecoba-coba menggunakan Narkoba,” ucapnya.



Dalam kegiatan yang dihadiri Camat Banjarmasin Utara dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Banjarmasin Utara itu, Kadis Kepemudaan dan Olahraga Kota Banjarmasin, Achmad Noor Djaya mengatakan, pembentukan kampung bermain tersebut, selain untuk melaksanakan program Forum Olahraga Masyarakat Indnesia (Formi), juga dimaksudkan agar anak-anak dan remaja lebih peduli dengan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka. “Kami ingin remaja lebih peduli dengan lingkungan mereka, dengan adanya kampong bermain ini mereka akan lebih banyak kegiatan positifnya,” jelasnya.



Untuk diketahui, kampung bermain Bios Altra terletak di kawasan SDN Alalak Utara RT 7, Banjarmasin Utara. Komunitas ini telah memiliki anggota sebanyak 125 orang warga, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: