slider

Recent

Navigation

Rakerwil Apeksi Hasilkan Draf Rekomendasi 2018, Rakernas Apeksi di Kota Tarakan

TARAKAN - Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Apeksi V Komisariat Regional V Kalimantan yang dilaksanakan di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, menghasilkan 25 draf rekomendasi yang akan dipilah menjadi rekomendasi dan dibawa ke Rakernas Apeksi tahun 2017 di Kota Malang.
Beberapa point draf rekomendasi tersebut antaralain, menuntut pemerintah pusat agar dana bagi hasil ke daerah dapat ditingkatkan, kemudian meminta pemerintah merevisi undang-undang nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, agar daerah pengolah minyak dapat diberikan porsi yang besar dibanding daerah yang bukan pengolah, point selanjutnya mengenai regulasi terkait Pendapatan Asli Negara agar menjadi wewenang mutlak Pemerintah Daerah, perlunya Apeksi mengajukan tuntutan ke Mahkamah Agung untuk membatalkan kewenangan Mendagri RI terkait pengaturan Perda yang menyangkut Pendapatan Asli Daerah (PAD).


Point lain yang tak kalah menarik dalam draf tersebut tentang rekomendasi agar Kota Tarakan kembali menjadi tuan rumah, dalam penyelenggaraan Rakernas Apeksi tahun 2018. Hal ini sesuai dengan keinginan Walikota Tarakan H Sufian Raga, yang dalam sambutannya menyatakan kesediaannya sebagai penyelenggaran Rakernas Apeksi tahun depan. “Dalam kesempatan ini saya mengusul dan bersedia untuk menjadi tuan rumah Rakernas Apeksi tahun 2018. Untuk itu saya mohon restu dari Bapak Gubernur dan dukungan dari Ketua Komwil V Apeksi Regional Kalimantan,” ucapnya.


Menanggapi permintaan tersebut, Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) V Apeksi Regional Kalimantan, Ibnu Sina, menyatakan, keinginan Walikota Tarakan itu patut diapresiasi. Bahkan, lanjut pria yang juga menjabat sebagai Walikota Banjarmasin ini, keinginan tersebut perlu untuk dimasukan di dalam salah satu point dalam draf rekomendasi. 


Rakerwil Apeksi di Kota Tarakan ini, jelas Ibnu Sina, merupakan kegiatan yang sangat strategis, mengingat Kalimantan merupakan pulau besar di Indonesia dan memiliki beragam potensi yang luar biasa. 
Apalagi, bebernya, dalam kegiatan tersebut tema yang dibawakan adalah Pelayanan Perizinan untuk Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah. “Jadi saya harap tema tersebut dibahas lebih dalam dan rekomendasi yang dihasilkan dapat kita bawa ke Kota Malang,” katanya, saat menyampaikan sambutannya dalam acara pembukaan Raker ke I Apeksi Komisariat Wilayah V Regional Kalimantan, di aula Kantor Walikota Tarakan, Kamis (13/04).


Harapan lain yang juga disampaikannya saat itu, tentang keinginannya agar kegiatan tersebut berjalan lancar, dan semua rekomendasi yang dihasilkan benar-benar dapat membawa manfaat bagi kemajuan Indonesia khususnya daerah yang tergabung dalam Apeksi Komwil V Rgional Kalimantan.
Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lamri mengatakan, spirit dari sembilan Walikota yang tergabung dalam Komwil V Apeksi Regional Kalimantan, hendaknya dapat diimplementasikan dalam kegiatan sehari-hari.


Dalam kesempatan tersebut, Irianto Lamri juga mengajak, seluruh anggota Apeksi untuk bisa membangun wirausaha, menciptakan kota dengan pengeluaran masyarakat rendah, dan jangan berhenti untuk melakukan inovasi di daerah masing-masing.
Sementara itu, bersamaan dengan kegiatan tersebut, istri Walikota Banjarmasin Hj Siti Wasilah bersama istri Walikota Banjarbaru, dan istri Walikota Tarakan, berkesempatan mengunjungi kebun percontohan PKK yang dikelola Dinas Peternakan dan Tanaman Pangan, Kota Tarakan, dilanjutkan dengan mengunjungi museum perminyakan dan museum perang dunia kedua, terakhir mereka mengunjungi mini ekspo Apeksi.


Kegiatan Apeksi tersebut, juga dihadiri Ketua Dewan Pengurus Apeksi yang juga menjabat sebagai Walikota Tangerang Selatan, Hj Airin Rachmi Diany.
Sebelum Rakerwil dibuka, para pemimpin daerah itu juga berkesempatan melakukan kegiatan bersepeda santay, menyusuri Kota Tarakan bersama Walikota Tarakan dan penanaman pohon di depan museum perminyakan dan museum perang dunia ke II, di Kota Tarakan.
Untuk diketahui, sembilan kota yang tergabung dalam anggota Apeksi Koordinator Wilayah V Kalimantan itu antara lain, Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kota Bontang, Kota Palangkaraya, Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kota Tarakan, menggelar kegiatan Rakerwil I Apeksi V Komisariat Regional V Kalimantan yang di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, dari tanggal 12 hingga 15 April 2017.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: