slider

Recent

Navigation

Ladies Fire Sungai Andai Membuat Kagum Walikota

BANJARMASIN - Ada hal menarik dari lomba ketangkasan pemadam kebakaran yang dilaksanakan Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Kelurahan Sungai Andai (Damkar Sungai Andai Komunumiti). 
Saat itu, tak hanya anggota Damkar laki-laki saja yang berlaga untuk menjadi juara, tetapi tim Damkar yang beranggotakan wanita pun juga ikut serta memeriahkan kegiatan yang dilaksanakan di kawasan Sungai Gampa, Komplek Andai Jaya, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Minggu (26/03).

Dalam simulasi yang dipertontonkan dihadapan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, para ladies fire itu, dengan tangkas dan cekatan bergerak saat melihat ada kobaran api yang membakar semak belukar. 
Pemandangan tersebut, tak hanya membuat decak kagum para penonton, tetapi juga Walikota Banjarmasin dan undangan yang hadir ikut kagum, saat melihat para ladies fire itu berhasil menjinakan kobaran sijago merah. 
Selain lomba ketangkasan memadamkan kobaran api, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penanaman pohon di sepanjang jalan kawasan Sungai Gampa, Komplek Andai Jaya, Kelurahan Sungai Andai.

Menurut Ibnu Sina, keberadaan tim pemadam kebakaran di Kota Banjarmasin sangat membantu pemerintah kota dalam menanggulangi musibah kebakaran. “Saya sangat senang dan bangga melihat semangat anggota pemadam kebakaran khususnya para ladies fire, dalam memadamkan kobaran api. Lomba ini untuk mengasah kemampuan menanggulagi kebakaran di Kota Banjarmasin, mudah-mudahan bisa jadi inspirasi anggota pemadam kebakaran di kelurahan lain,” ujarnya, saat menyampaikan sambutannya.

Meski begitu, Ibnu Sina tetap mengingatkan agar seluruh anggota pemadam kebakaran, tetap menjaga dan mengutamakan keselamatan diri saat bertugas. “Nanti pada saatnya Pemko Banjarmasin akan mengasuransikan anggota BPK Kota Banjarmasin,” katanya.
Ketua Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Kelurahan Sungai Andai, agus, mengatakan, kegiatan lomba ketangkasan tersebut digelar untuk meningkatkan kesadaran dan meningkatkan rasa solidaritsa serta kebersamaan para relawan pemadam kebakaran. 

Hal senada juga dilontarkan Lurah Sungai Andai, Ambya. Katanya, lomba tersebut selain untuk menjaga tali silaturahmi antar sesama anggota pemadam kebakaran, juga dimaksudkan sebagai ajang melatih kemampuan diri dalam menanggulangi kebakaran.
Abya juga menjelaskan, kelurahan yang dipimpinnya beberapa waktu lalu telah berhasil menjuarai lomba kebersihan tingkat nasional. Untuk itu, ia mengajak seluruh lapisan masyarakat Kelurahan Sungai Andai untuk mendukung kegiatan Pemko Banjarmasin menjadikan Kota Banjarmasin sebagai kota Baiman.

Sementara itu, Ketua UPT Damkar Kota Banjarmasin, Didit Suryadi, mengatakan, keberadaan tim pemadam kebakaran di Kota Banjarmasin, tidak hanya untuk memadamkan kobaran api saja, tetai ada nilai positif lainnya, salah satunya adalah terteranya nama pemadam kebakaran Kota Banjarmasin dalam Rekor MURI untuk kategori pemadam kebakaran terbanyak di Indonesia.
Mudah-mudahan, ucap pria berkumis ini lagi, keberadaan Forum Komunikasi Pemadam Kebakaran Kelurahan Sungai Andai, akan menjadi cikal bakal komunitas pemadam kebakaran di kelurahan lain di Kota Banjarmasin.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: