slider

Recent

Navigation

Kelurahan Sungai Miai Wakili Kota Banjarmasin

BANJARMASIN – Seluruh masyarakat Kelurahan Sungai Miai patut berbangga hati atas berbagai prestasi yang telah diraih Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara. 
Seperti di tahun 2017 ini, kelurahan yang beralamat di kawasan Jalan Cendana, Jalur II, Banjarmasin Utara itu, terpilih mewakili Kota Banjarmasin dalam lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2017. 


“Kelurahan yang akan dinilai merupakan kelurahan terbaik pertama pada lomba tingkat Kota Banjarmasin. Karena itu, kelurahan ini berhak mewakili Kota Banjarmasin pada lomba kelurahan tingkat Provinsi Kalsel,” ujar Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan, Gazi Akhmadi, saat menyambut kedatangan Tim Penilai Kelurahan dari Pemprov Kalsel, Rabu (26/04).


Lebihlanjut dijelaskannya, lomba kelurahan ini bertujuan untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan.
Makanya, katanya lagi, diperlukan penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi dan swadaya gotong royong masyarakat di desa dan kelurahan. “Dapat disimpulkan lomba kelurahan bukanlah tujuan akhir dari proses pembangunan, namun sebagai sebagai salah satu cara untuk mendukung keberhasilan pembangunan,” katanya.


Dijelasnya pula, lomba kelurahan merupakan sarana evaluasi, sarana pemberian penghargaan dan sarana memperkenalkan kepada pihak lain.
Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarmasin, Hj Siti Fatimah, dan Wakil Ketua II TP PKK Kota Banjarmasin Hj Aneta Olfah itu, Lurah Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara, Johansyah, mengatakan, sejak tahun 2013 hingga tahun 2016 tadi, setidaknya sudah 17 kali perlombaan dimenangkan oleh Kelurahan Sungai Miai. “Dari 17 lomba yang berhasil dimenangkan tersebut, salah satunya adalah lomba kebersihan sebagai juara pertama,” katanya.


Tak hanya masalah kebersihan yang menjadi unggulan Kelurahan Sungai Miai, bebernya, tetapi masalah inovasi juga menjadi prioritas kegiatan di kelurahan tersebut. 
Beberapa inovasi yang telah disosialisasikan ke masyarakat, terangnya, diantaranya seperti dibidang kesehatan, dimana di Kelurahan Sungai Miai terdapat sebuah kampung yang menegakan Perda Larangan Merokok, kemudian dibidang teknologi memiliki data jumlah rumah kos yang ada di kawasan kelurahan tersebut dan dapat diakses melalui web milik Kelurahan Sungai Miai.


Ketua Tim Penilai, Gusti Syahyar, dalam sambutannya mengatakan, tim penilai sangat senang bila saat datang untuk melakukan penilaian, disodori data lengkap tentang kelurahan yang akan menjadi objek penilaian. “Pada prinsipnya penilaian ini tidak hanya fisiknya saja, tetapi juga tentang adanya kemauan dan inovasi dari kelurahan yang akan dinilai,” katanya.


Dari pantauan, Ketua TP PKK Kota Bajarmasin Hj Siti Wasilah dan rombongan, selain ikut menyambut kedatangan tim penilai kelurahan, juga melakukan meninjauan ke taman PKK yang berada di halaman kantor tersebut, dan melihat langsung gelaran beragam produk yang dihasilkan masyarakat setempat.
copyright by facebook humpro-bjm
Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: