slider

Recent

Navigation

Ibnu Sina : Ada 6 Sektor Pemacu Investasi

BANJARMASIN - Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan, ada enam sektor utama yang harus difokuskan semua stakeholder dalam memacu investasi di Kota Banjarmasin. 
Hal ini, katanya, sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo, yang ingin semua daerah di Indonesia dapat memacu investasinya. “Kota Banjarmasin memiliki visi dan misi untuk menjadi kota perdagangan yang melahirkan wirausaha baru dan pengembangan pariwisata berbasis sungai. 


Karena itu, kami sangat sepakat dengan arahan dari Bapak Presiden yang ingin semua daerah fokus pada enam sektor pendongkrak ekonomi,” ujarnya saat dikonfirmasi usai menghadiri kegiatan Musrenbang dalam rangka penyusunan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) tahun 2018, yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/04).
Enam sektor utama yang memiliki sumbangan terbesar terhadap perekonomian tersebut antara lain, industri pengolahan terutama non migas, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, konstruksi, serta jasa keuangan.



Dalam kegiatan tersebut, dirumusankan juga perencanaan untuk tahun 2018 nanti yang terangkum dalam sepuluh program prioritas pembangunan nasional dengan cakupan, bidang pendidikan, kesehatan, perumahan dan permukiman, pengembangan dunia usaha dan pariwisata, ketahanan energi dan ketahanan pangan, kemudian penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, konektivitas dan kemaritiman, pembangunan wilayah, serta politik, hukum, pertahanan dan keamanan.
Untuk diketahui, kegiatan yang dihadiri 548 kepala daerah se Indonesia itu, selain untuk mendengarkan arahan dari Presiden Joko Widodo terkait Rancangan Awal RKP Tahun 2018, dan menghasilkan rumusan pembangunan tahun depan, juga disampaikannya penerima APN kategori, Penyusunan Dokumen RKPD Provinsi Terbaik. Penyusunan Dokumen RKPD Kabupaten Terbaik. Penyusunan Dokumen RKPD Kota Terbaik. Provinsi dengan Inovasi dalam Perencanaan Terbaik. Kabupaten dan Kota dengan Inovasi dalam Perencanaan Terbaik. Provinsi dengan Perencanaan Progresif.



Di tingkat Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin telah berhasil meraih penghargaan terbaik pertama untuk kategori penyusunan Dokumen RKPD yang diserahkan langsung oleh Gubernur Kalsel H Sabirin Noor kepada Sekretaris Daerah Hamli Kursani mewakili Walikota Banjarmasin.



Musrenbangnas bertema “Memacu Investasi dan Infrastruktur untuk Pertumbuhan dan Pemerataan” yang diselenggarakan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dihadiri juga oleh Wakil Presiden RI Yusuf Kalla, para Pimpinan Lembaga Negara, para Menteri, Gubernur, Sekjen, Sesmen,Sestama, Kepala Bappeda Provinsi dan pejabat eselon I dan II lingkup Bappenas, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri.

copyright by facebook humpro-bjm

Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: