slider

Recent

Navigation

Belajar Sampah ke Denmark


Kedutaaan Denmark (Royal Danish Ambassy) di Jakarta mengundang 5 Walikota ke Copenhagen untuk mengikuti Program Waste Solution in Denmark. Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan selama 5 hari delegasi yang terdiri dari kota Jakarta, Tangerang, Banjarmasin, Makassar, Cilacap, Prov Jabar, Prov Jateng, dan Prov Sulut serta dari Kemenko Maritim, Kemenko Ekonomi dan Kementerian ESDM.


Walikota Banjarmasin mengalungkan kain sasirangan kepada Mr. SSoren Freil dari Ministry Environment and Food Denmark, disaksikan oleh Wagub Sulut Steven Kandow dan Walikota Tangerang.


Walikota Ibnu Sina mengikuti presentasi di House of Green (State of Green) di DAKOFA dan diakhir sesi memberikan souvenir kain sasirangan kepada Mr Soren Freil dari Ministry of Environment and Food (Kementerian Lingkungan dan Pangan). Kegiatan dilanjutkan ke Pemko City of Copenhagen untuk mempelajari pola pengelolaan sampah skala kota. Di kota yang 60% warganya menggunakan sepeda untuk aktivitas (penduduk sekitar 600.000 jiwa sama dengan penduduk kota Banjarmasin) ini, pola pembiayaan dan penarikan pajak sampah sebesar 6 juta/tahun atau 500 ribu/bulan (Komplek kami di banjarmasin 50.000/bulan).


Rombongan meneruskan peninjauan ke Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Amager Resource Center (ARC) yang setiap tahun membakar 435.000 ton sampah dan memproduksi 135 MW listrik  dan 766 MW pemanas (heat) untuk 140.000 pelanggan rumah tangga.
Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke Danish Energy Agency.


Pada hari berikutnya juga melihat pengelolaan sampah di Odense Waste Management (Kota Odense 80 km dari Copenhagen) dimana warganya membuang sampah sendiri ke TPA dengan memasukkan sampah ke 32 kontainer sesuai jenis sampah, serta melihat TPA dengan pola sanitary landfill yang saat ini menjadi kawasan perbukitan untuk rekreasi warga kota yang hijau dan asri, serta menghasilkan gas metan yang dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan pemanas ruangan. Dihari terakhir diterima untuk bersilaturahim di Kedubes RI di Denmark.


Share
Banner

Agung Jaya

Post A Comment:

0 comments: