slider

Recent

Navigation

Melingai Juara Nasional Komunitas Peduli Sungai

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Buah manis dirasakan organisasi Masyarakat Peduli Sungai (Melingai) kerja kerasnya selama ini.
Melingai meraih gelar juara pertama Lomba Komunitas Peduli Sungai yang digelar Dirjen Sumber Daya Air.
Kepastian ini setelah mereka mendapat undangan untuk menerima penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Sabtu (3/12) di kantor Kementerian PUPR, Jakarta. Penghargaan akan diserahkan menteri PUPR.
Melingai sendiri, memang eksis dalam gerakan dalam membersihkan sungai di Kota Banjarmasin. Tiap akhir pekan, para anggotanya yang memiliki atribut khusus yakni, topi, butah dan sepeda onthel membersihkan sungai dan lainnya.
Menariknya, aksi mereka kerap diikuti warga sekitar. Praktis, saat mereka beraksi, kadang puluhan hingga ratusan warga sekitar sungai itu ikut turun untuk membantu. “Inilah yang membuat kami menjadi juara,” kata Wakil Ketua Melingai, Mohammad Ary.
Dijelaskan, Dirjen SDA sebenarnya menggelar empat kategori lomba komunitas di antaranya komunitas peduli sungai, danau, irigasi dan laut. Nah, oleh Pemprov, Melingai didaftarkan untuk mengikuti lomba itu.
Ada 18 provinsi yang mengirimkan wakilnya untuk mengikuti lomba ini. Dari jumlah itu, disaring menjadi enam komunitas. Artinya, ada 17 perwakilan provinsi yang disishkan oleh Melingai dalam lomba ini.
Awalnya, Melingai masuk peringkat empat dalam seleksi enam besar. “Saat itu, Melingai masih peringkat empat. Lalu, digodok lagi, dan jadi yang terbaik,” jelasnya.
Juri sendiri menilai, Melingai mampu menggerakkan warga yang bukan anggotanya untuk terlibat dalam aksi bersih-bersih sungai. “Seperti di Sungai Andai kemarin, saat kami turun, seperti pasar warga yang ikut turun membantu,” katanya.
Anehnya lagi, berbeda dengan komunitas lainnya, dalam Melingai, tak ada kartu identitas atau anggota. Semua orang bebas menjadi anggota atau terlibat dalam aksi yang dilakukan organisasi yang diikuti masyarakat biasa sampai pejabat itu.

Share
Banner

ASN Banjarmasin

Post A Comment:

0 comments: